Bossanova Jatuh di Mataram

    Medcom - 23 Oktober 2021 23:40 WIB
    Bossanova Jatuh di Mataram
    Bintang, pemain trumpet muda dari Mataram, Lombok (Foto: Mohammad Mirdal Akib)



    Mataram: Bossanova bisa "jatuh" di mana saja. Lahir pada era 1950-an dari cantiknya iklim tropis di pantai-pantai Rio de Janeiro, bossanova berkelana ke ujung-ujung dunia. Beruntungnya, malam ini bossanova "jatuh" di Mataram, Lombok. Tepat di hadapan saya. Adalah Angkringan Nada, sebuah kafe kecil di sudut jalan kecil kota Mataram, yang biasa jadi tempat para mahasiswa Universitas Mataram nongkrong, atau sekadar menghabiskan waktu.

    Menikmati pertunjukan musik secara langsung belakangan terasa seperti sebuah keberuntungan. Pandemi yang melanda nyaris dua tahun membuat pertunjukan musik mati suri. Namun, perlahan tapi pasti semua berangsur pulih. Suguhan musik di sudut Mataram ini pun terasa seperti oase yang membawa harapan akan kembalinya industri pertunjukan musik.

    Malam ini, Sabtu, 23 Oktober 2021, para pengunjung Angkringan Nada terbius oleh penampilan talenta-talenta lokal. Salah satu yang mencuri perhatian adalah Bintang. Seperti namanya, dia bersinar terang malam ini. Usianya baru 11 tahun, namun permainan trumpetnya sungguh menghanyutkan.

    Bintang memanfaatkan masa pandemi untuk berlatih musik, dibimbing oleh sang ibunda yang juga guru vokal. Bukan tidak mungkin, dari sudut Mataram Bintang yang sudah terpapar jazz dari usia dini menjadi pemain trumpet dunia macam Miles Davis, Chet Baker, atau bahkan meneruskan kemasyhuran salah satu nama terpenting dalam sejarah jazz - yang juga seorang pemain trumpet - Louis Amstrong.

    Penampilan Bintang menggugah rasa optimisme bahwa pandemi di satu sisi memang memadamkan banyak renjana, dan juga mimpi. Tapi di sisi lain, bagi mereka yang mampu bertahan, pandemi menjadi momen untuk mengembangkan diri dan menelusuri berbagai kesempatan-kesempatan yang kadang tak dapat kita lihat pada masa-masa "normal." Lebih dari itu, pandemi tidak hanya menghasilkan daya tahan tapi juga talenta-talenta baru.

    (oleh Mohammad Mirdal Akib)


     (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id