Efek Rumah Kaca Lepas Mini Album, Memorabilia dari New York

    Cecylia Rura - 29 Januari 2020 13:40 WIB
    Efek Rumah Kaca Lepas Mini Album, Memorabilia dari New York
    Efek Rumah Kaca di M Bloc Space, Selasa, 28 Januari 2020. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
    Jakarta: Musisi Efek Rumah Kaca (ERK) merilis mini album bertajuk Jalan Enam Tiga. Nama ini diambil dari kediaman Cholil Mahmud dan istri ketika bermukim di New York selama lima tahun terakhir saat menempuh studi.

    "Lagunya juga sebenarnya kita pingin treat ini sebagai residensi. Kalau seniman, residensi tiga bulan menyerap semangat merespons wilayah itu. Dan akhirnya ada lagu-lagu yang kita aransemen. Kita workshop dulu selama tiga minggu," ujar Cholil dalam perilisan Jalan Enam Tiga di M Bloc Space, Jakarta Selatan, Selasa, 28 Januari 2020.

    Album Jalan Enam Tiga memuat empat nomor lagu: Normal yang Baru, Jalan Enam Tiga, Palung Mariana, serta Tiba Tiba Batu yang lebih dulu sebagai singel pada September tahun lalu. Sebelum berangkat ke New York pada musim panas tahun lalu, ERK berkomunikasi via Skype. Akbar dan Poppie menyiapkan lirik sebelum bertolak ke New York.

    "Semenjak ada keputusan rekaman di sana ada satu lagu dari Cholil yang bisa di-workshop-kan dan cari teman yang pas. Kita ada tiga yang belum diaransemen full album. Akhirnya Skype. Datang, kita latihan di studio dan semuanya dibikin mirip satu sama lain," terang Poppie Airil.

    Sejatinya EP atau mini album memang tak banyak memuat banyak nomor lagu. ERK sepakat merilis mini album Jalan Enam Tiga sebagai memorabilia pernah menikmati kehidupan di New York.

    "Sayang pergi ninggalin New York enggak ninggalin bekas pernah ngadu nasib. Ternyata Irma (istri Cholil) sudah hampir selesai. Lampu hijau, jadwal sidang keluar di luar dugaan," kata Cholil.

    Album Jalan Enam Tiga menjadi EP pertama Efek Rumah Kaca sejak bermusik pada 2001. Album ini melanjutkan rilisan penuh Efek Rumah Kaca (2007), Kamar Gelap (2008), dan Sinestesia (2015).

    Mini album Jalan Enam Tiga direkam di Trout Studio dengan mixing oleh Bryce Goggin dan mastering dari Scott Hull di Masterdisk. Istri Cholil, Irma Hidayana mengisi vokal latar bersama Natasha Abigail. Muhammad Asranur bermain pada piano.

    Bryce Goggin sebelumnya bekerja sama dengan sejumlah musisi indie rock Amerika Serikat, seperti Pavement, The Breeders, Joan As Police Woman, dan Antony and the Johnsons.

    Album Jalan Enam Tiga sudah dapat didengarkan melalui platform music digital. Untuk album fisik CD dan kaset dirilis resmi 28 Januari 2020.
     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id