Catatan Perjalanan Dua Dekade Sic Mynded dalam Album Jelaga 2020

    Dhaifurrakhman Abas - 02 Juli 2020 18:59 WIB
    Catatan Perjalanan Dua Dekade Sic Mynded dalam Album Jelaga 2020
    Sic Mynded (Foto: dok. Sic Mynded)
    Jakarta: Band industrial asal Jakarta, Sic Mynded, meluncurkan album terbaru mereka bertajuk Jelaga pada Kamis 2 Juli 2020. Album ini dirilis untuk mengenang musikalitas dari album yang pernah mereka rilis pada 1999.

    “Tahun 1999 kami pernah meluncurkan album berjudul Jelaga dan sempat mendapatkan nominasi AMI Awards di tahun yang sama. Di tahun 2020 ini, kami mengambil kesempatan untuk memperkenalkan kembali karya-karya lama yang lalu kami rekam atau di-master ulang," kata vokalis Sic Mynded, Oddie Octaviadi, melalui rilis yang diterima Medcom.id, Kamis 2 Juli 2020.

    Tak hanya lagu lama, Syc Mynded juga memasukkan karya barunya dalam album Jelaga yang dirilis tahun 2020. Total terdapat 13 lagu beraliran elektronik yang termaktub dalam album tersebut.

    "13 lagu di album Jelaga 2020 ini secara mayoritas ditulis oleh saya dan Rudi, sementara proses aransemen dan rekam ulang beberapa lagu lama diproduseri oleh Marcell Siahaan,” sambung Oddie.

    Sementara itu, Rudi yang merupakan co-founder Syc Mynded mengatakan album Jelaga memiliki makna yang dalam untuknya secara pribadi. Lagu-lagu yang ada di album ini mewakili perjalanan hidup Rudi.

    “Lagu lagu Sic Mynded di album baru ini mewakili perjalanan hidup saya untuk menjadi manusia yang lebih baik. Sebagai manusia yang jauh dari kesempurnaan, album ini menggambarkan perjuangan dan seni dalam menghadapi berbagai tantangan hidup terlepas apakah saya sudah berhasil mencapai hal itu atau belum,” ujar Rudi.

    Rudi menuturkan, lagu-lagu di album Jelaga 2020 digadang-gadang akan membawa pendengar mengenang kembali perjalanan panjang Sic Mynded selama dua dekade dalam bermusik. Album ini juga merupakan bentuk pendewasaan Sic Mynded dalam bermusik.

    "Dengan segala perubahan di dalamnya yang membuat musik matang dan memiliki ciri khas tersendiri," terang dia.

    Catatan Perjalanan Dua Dekade Sic Mynded dalam Album Jelaga 2020

    Hal serupa diungkapkan Marcell Siahaan yang merupakan drummer Syc Mynded. Album Jelaga menurutnya merupakan sebuah perjalanan spiritual para anggota grup dalam memaknai hidup masing-masing.

    “Album Jelaga 2020 adalah pencapaian dari suatu perjalanan spiritual memaknai hidup apa adanya, tanpa harus selalu terlihat dalam bungkus dan kosmetika positif dan relijius. Tidak harus berandai-andai, tidak harus bermanis-manis. Menuju bijak, seringkali perjalanannya tidak terlihat bijak, dan itu realita yang apa adanya,” papar Marcell.

    Album Jelaga 2020 sudah dirilis di berbagai layanan streaming musik digital. Album ini menggaungkan tiga single andalan mereka yakni 2020”, Triggerdance, Save Your Kiss dan juga Peace Within yang sudah sempat diluncurkan sebagai single terpisah di penghujung Februari 2020.

    Selain merilis dalam bentuk digital, Sic Mynded pun berencana akan melepas bentuk fisiknya yang memuat beberapa lagu tambahan pada Juli 2020. Dengan dirilisnya album ini menandakan Sic Mynded sudah merilis album keempatnya sejak pertama didirikan Oddie Octaviadi dan Rudi Soedjarwo di kota San Diego, Amerika Serikat pada 1993.

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id