Idang Rasjidi Sambut Baik Kembalinya JakJazz Tahun Depan

    Dhaifurrakhman Abas - 18 Oktober 2019 21:11 WIB
    Idang Rasjidi Sambut Baik Kembalinya JakJazz Tahun Depan
    Idang Rasjidi (Foto: Medcom/Abas)
    Jakarta: Musikus senior, Idang Rasjidi, menyambut baik kebangkitan JakJazz 2020. Sebab festival tersebut merupakan tonggak sejarah festival jazz Tanah Air.

    "Saya sangat senang, karena JakJazz adalah tonggak dari jazz Tanah Air," kata Ideng saat berbincang dengan Medcom.id, di Tbe Tribatra, Jakarta Selatan.

    Dia mengatakan, JakJazz memicu hadirnya beragam festival musik di Tanah Air. Festival ini pertama kali diadakan tahun 1988 dengan mengambil tempat di area Ancol dan Dunia Fantasi, Jakarta Utara.

    "Festival ini tidak hanya memicu musik jazz saja, bahkan seluruh festival musik di Tanah Air. Belum ada festival musik pada masa itu," ujarnya.

    JakJazz 2020 rencananya diselenggarakan kembali pada akhir tahun depan setelah tujuh tahun absen. Festival ini bakal mengusung tema Technotronic Music yang merupakan perpaduan antara musik jazz dan teknologi.

    Teknologi akan dimasukkan tidak hanya ke dalam musiknya, tapi juga pada audiovisual, aransemen serta penampilan pentas. Meski dibalut dengan teknologi, Ideng yakin esensi musik Jazz tak akan luntur.

    "Zaman sekarang berbeda. Sekarang mungkin sudah ada teknologi, tekan satu not sudah bisa lihat dunia. Tapi secara prinsip jazz tetaplah jazz. Dan bebop tak lekang oleh waktu," beber dia.

    Dia juga yakin kehadiran festival Jakjazz 2020 bakal kembali menghadirkan semangat mengapresiasi musik jazz. Hal itu yang kata Idang menjadi tonggak dasar berdirinya JakJazz pada tahun 1988.

    "JakJazz 1988 itu berasal dari ide kolektif. Yang mendorong juga banyak. Dulu orang menganggap festival sebagai perlombaan, ada yang menjadi juara. Padahal Festival adalah tentang kebersamaan, mengapresiasi satu sama lain. Nilai apresasi ini juga salah satunya yang diangkat oleh JakJazz pada mulanya,” katanya.

    Lebih lanjut, Ideng mengaku senang para penyelengagra semangat menghadirkan festival JakJazz 2020. Dia berharap festival ini tak berbeda dengan JakJazz yang saat itu didirikan dengan semangat apresiasi serta sebagai wadah musik jazz.

     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id