Weird Genius Gandeng Rapper asal Surabaya di Lagu Lathi

    Cecylia Rura - 27 Februari 2020 16:44 WIB
    Weird Genius Gandeng Rapper asal Surabaya di Lagu Lathi
    Weird Genius dan Sara Fajira di Jakarta Selatan, Kamis, 26 Februari 2020. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
    Jakarta: Weird Genius merilis singel baru bernuansa Jawa berjudul Lathi. Bahasa Jawa Kuno Lathi berarti ucapan, dibuka dengan instrumen musik tradisional dan powerful.

    Dalam singel pertama di tahun ini, Weird Genius menggandeng rapper asal Surabaya, Sara Fajira. Pada bridge, Sara melantunkan lirik berbahasa Jawa dengan cengkok ala sinden. Sara Fajira terpilih untuk memberi rasa autentik pada lagu Lathi.

    "Awalnya saya dan Reza, kita butuh karakter suara wanita galak tapi bisa mengisi kebutuhan suara tradisional yang kita butuhkan. Dia harus bisa berbahasa Inggris baik. Selain itu, bisa menulis lagu sendiri dan bisa menghayati lagu yang dinyanyikan dan bisa berbahasa Jawa," terang Eka Gustiwana di Jakarta Selatan, Kamis, 27 Februari 2020.

    Proses pembuatan terbilang cepat, kurang lebih satu bulan. Lirik Lathi terinspirasi pengalaman personal yang bisa dialami banyak orang. Weird Genius menulis Lathi bersama Sara Fajira.

    "Yang bikin Bahasa Jawa karena kita kan kurang Jawa. Kita mundur selangkah kita persilakan Sara tulis Bahasa Jawa yang bisa bikin kita merinding. Kita bikin bareng-bareng berempat," kata Eka.

    Soal komposisi musik, Weird Genius menyeimbangkan EDM masa kini dengan lirik berbahasa Inggris dan elemen tradisional baik instrumen maupun bahasa Jawa. Perpaduan bahasa Inggris dan Jawa dalam Lathi untuk menjangkau pendengar yang lebih luas.

    "Kita pakai Bahasa Inggris supaya bisa menjangkau semuanya. Supaya unsur tradisionalnya dapat kita pakai bahasa Jawa," kata Eka.

    Lathi bercerita tentang toxic relationship yang didominasi kebohongan dan ego. Dalam singel Lathi, tersirat makna keberanuan dan prinsip kuat menghadapi hubungan yang tak sehat.

    "Lagu ini tentang toxic relationship. Pasangan yang memang sudah di dalam lingkaran toxic relationship tapi dia ya sudah, I can't do anything," ungkap Sara Fajira.

    Makna tersirat lagu Lathi tersirat dalam lirik "Kowe ra iso mlayu saka kesalahan. Ajining diri ana ing lathi." Artinya, kamu tidam bisa lari dari kesalahan. Begitu pun dengan pepatah "Ajining diri soko lathi, ajining rogo soko busono," yang berarti harga diri seseorang ada di lidah (ucapannya).

    Lagu Lathi akan dirilis pada Jumat, 28 Februari 2020 melalui platform musik digital.

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id