Cerita Penggemar BTS asal Banten, Jual Merchandise Hingga Bisnis Perjalanan ke Korea

    Cecylia Rura - 18 Juni 2019 10:39 WIB
    Cerita Penggemar BTS asal Banten, Jual Merchandise Hingga Bisnis Perjalanan ke Korea
    Dini dan ARMY Indonesia di Jakarta Selatan, Sabtu, 15 Juni 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
    Jakarta: Demam K-pop tak hanya memberi kepuasan diri dan melepas penat, tapi membuka pintu rezeki bagi orang lain. Setyowati Pradini Wijayanti, mahasiswi Keperawatan asal Banten berhasil menjadi pengusaha muda berkat kecintaannya terhadap boyband BTS.

    Dini menceritakan, bisnis rintisan ini bermula sejak 2018, setahun setelah dia mendengarkan musik-musik BTS. Dia mengaku bukan pecinta musik sebelum mengenal BTS. Menurutnya, BTS adalah grup musik inspiratif.
    "Kepribadian mereka bagus, cara bicara mereka bagus. Yang sampai bikin nangis ketika RM di PBB, speak yourself, love yourself. Siapapun suku kamu, warna kulit kamu, kamu merasa lagi gimana, tunjukkan. Ketika orang lain menganggap kamu berbeda kamu enggak boleh rendah diri, tunjukkan aja apa adanya kamu," ungkap Dini ditemui usai perayaan ulang tahun BTS ke-6 di Jakarta Selatan bersama ARMY Indonesia.

    Dini memulai usaha dengan modal Rp5 juta yang diberi nama Givelove ID. Dini menjajakan merchandise mulai dari replika dan kini menjajakan barang resmi khusus BTS. Dini mengaku, keuntungan dari berbisnis cukup besar.

    "Satu album cuma ambil untung Rp10 ribu sampai Rp20 ribu. Sampai sekitar Rp30 ribu sampai Rp50 ribu. Besar banget soalnya ARMY itu kan banyak. Sold out banget. Kemarin yang terbaru BTS World Game, aku beli juga, langsung sold out. Album langsung sold out," kata Dini.

    Selain merchandise dan koleksi karya terbaru BTS, Dini juga membuka tur ke Korea Selatan. Dari 10 orang berbeda divisi, empat di antaranya melayani jasa tur ke Korea Selatan. Paket tur ini beragam, mulai dari 4 hari hingga mingguan.

    "Kita konsep turnya itu pokoknya, setiap MV (music video) BTS di mana, buat apa, kita akan tunjukin. Kayak yang lama dan baru, semua tentang BTS," terang Dini.

    Jasa tur ke Korea Selatan khusus penggemar BTS ini dilakukan dengan total modal Rp20 juta. Dari sini, Dini dan teman satu tim mendapat keungungan sekitar Rp1 juta.

    Kendati terbilang mandiri, Dini masih belum bisa menutup biaya kuliah. Namun, dia mampu menggaji teman-teman yang ikut membantu bisnisnya.

    "Ada yang mereka kayak enggak usah mikirin duit, happy-happy aja. Nanti dikasihnya enggak ditentuin," jelas Dini.

    Keterangan foto:
    Dini dan ARMY Indonesia di Jakarta Selatan, Sabtu, 15 Juni 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

     



    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id