Nagaswara dan Pencipta Lagu Syantik Gugat Gen Halilintar

    Cecylia Rura - 29 Januari 2020 15:59 WIB
    Nagaswara dan Pencipta Lagu Syantik Gugat Gen Halilintar
    Gen Halilintar (Foto: YouTube Gen Halilintar)
    Jakarta: Pencipta Lagu Syantik, Yogi Adi Setyawan alias Yogi RPH bersama label Nagaswara dan Pion Daryono alias Donall mengajukan gugatan hukum terhadap Gen Halilintar atas Lagu Syantik yang dipopulerkan Siti Badriah. Gen Halilintar digugat karena mengubah konten dan memproduksi Lagu Syantik tanpa izin.

    Gugatan ini dicatat di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan nomor 82/Pdt.Sus-Hak Cipta/2019/PN.Niaga.Jkt.Pst. Isi gugatan tersebut menyebutkan, Gen Halilintar atas nama Halilintar Anofial Asmid dan Lenggogeni Umar Faruk sebagai pihak tergugat telah mengubah Lagu Syantik tanpa izin.

    "Menyatakan Perbuatan Tergugat I (Halilintar Anofial Asmid) dan Tergugat II (Lenggogeni Umar Faruk) yang dengan tanpa hak dan tanpa izin dari Para Penggugat telah merubah lirik dan mengakibatkan distorsi ciptaan lagu Lagi Syantik milik Para Penggugat adalah Pelanggaran Hak Cipta/Hak Moral," bunyi isi gugatan tersebut dalam keterangan resmi.

    Gen Halilintar juga digugat karena melakukan pentransformasian Lagu Syantik, melakukan fiksasi, menggandakan dalam bentuk digital, penerbitan karya ciptaan dan pendistribusian hasil pelanggaran Lagu Syantik melalui media sosial.

    Pihak penggugat sebagai pemilik hak cipta merasa dirugikan dan menuntut ganti rugi sejumlah miliaran rupiah. Gen Halilintar digugat atas pelanggaran Hak Cipta Pasal 9 Ayat 1 dan 2.

    Sidang perkara ini telah didaftarkan di Pengadilan Jakarta Pusat sejak Kamis, 5 Desember 2019. Yos Mulyadi ditunjuk sebagai kuasa hukum pihak Nagaswara dan Yogi RPH.

    Pihak Nagaswara telah mengatahui hal tersebut sejak 2018. Sebelum dibawa ke persidangan, kedua belah pihak sempat bertemu merundingkan hal tersebut. Hingga persidangan ketiga berlangsung, Rabu, 29 Januari 2020, pihak Gen Halilintar absen dalam persidangan.

    Sementara itu, Uci, manajer Siti Badriah menyerahkan semuanya kepada pihak label Nagaswara.

    "Sibad (Siti Badriah) enggak tau menahu Kakak. Itu yang berhak ngomong pencipta dan labelnya. Sibad hanya menyanyikan saja," kata Uci melalui pesan tertulis kepada Medcom.id, Rabu, 29 Januari 2020.

    Video tersebut sudah tak tampak lagi di YouTube Gen Halilintar. Namun, pihak penggugat menyayangkan video tersebut masih tersebar luas di media sosial. 
     



    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id