The Papandayan Jazz Competition Mencari Talenta Baru Indonesia

    Sunnaholomi Halakrispen - 18 Agustus 2021 21:43 WIB
    The Papandayan Jazz Competition Mencari Talenta Baru Indonesia
    The Papandayan Jazz Competition (Foto: instagram)



    Jakarta: The Papandayan Jazz Competition tahun ini akan diadakan secara online, akibat pandemi covid-19. Musisi Eki Puradiredja selaku juri pun mengungkapkan harapan penyelenggaraan acara ini.

    "Tentunya menemukan talent musisi jazz yang belum terdeteksi itu pasti banyak sekali. Selama saya menjalankan festival, setiap tahun pasti ada saja nama-nama baru," ujar Eki Puradiredja dalam konferensi pers virtual.

     



    Ia mengatakan, sebenarnya lingkaran pertemanan musisi pada komunitas jazz sudah ada. Jika ingin menemukan musisi saxophone pun mudah ditemukan di daerah mana keberadaannya.

    "Tapi banyak juga musisi yang tidak terdeteksi. Ini yang kita harapkan akan ketemu musisi yang luar biasa bertalenta di musik jazz. Kita juga berharap ketemu grup musik jazz jadi sebuah konsep yang menarik ditampilkan," jelasnya.

    Apalagi dengan adanya peristiwa pandemi covid-19 yang membuat masyarakat diimbau untuk berada di rumah saja. Terbatasnya kegiatan bermusik pun membuat para musisi jazz mengulik keahlian mereka di rumah.

    "Biasanya sibuk melihat YouTube tentang semua inspirasi musik dari seluruh dunia dan mereka menemukan konsep menarik untuk ditampilkan dalam sebuah kompetisi jazz," tuturnya.

    "Ini yang kita harapkan, hadirnya musisi atau grup baru, baik junior maupun senior yang akan menampilkan konsep-konsep yang sangat tidak terduga atau mencengangkan kerennya," tambahnya.

    International Jazz Competition sendiri adalah kompetisi band jazz yang dilaksanakan secara virtual menggunakan platform Zoom conference dan social media. Penyeleksian peserta akan dinilai oleh musisi jazz kelas dunia, Ben Van Gelder. Jajaran dewan juri juga akan diisi oleh Dwiki Dharmawan, Eki Puradireja, Venche Manuhutu, dan Hari Pochang.

    Di sisi lain, pendaftaran kegiatan yang didukung oleh Media Group News ini telah berlangsung hingga 27 September 2021. Rangkaian acara dari Road to TPJF 2021 ini terdiri dari tiga babak, yakni babak penyisihan, semifinal, dan grand final.

    Pada babak pamungkas, akan dipilih empat band terbaik untuk memperebutkan gelar Juara 1, Juara 2, Juara 3, dan Juara Favorit. Daftar pemenang akan diumumkan pada bulan Desember, tepatnya saat TPJF 2021.

    Total hadiah yang akan didapatkan pemenang ialah senilai Rp80 juta serta mendapatkan hadiah dari sponsor. Panduan dan informasi untuk bergabung di TPJC dapat diakses melalui https://www.mediagroupnews.com/tpjazz.


     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id