Korona Merebak, Reality Club dan Grrrl Gang Terancam Batal Tampil di SXSW

    Cecylia Rura - 07 Maret 2020 14:55 WIB
    Korona Merebak, Reality Club dan Grrrl Gang Terancam Batal Tampil di SXSW
    Reality Club (Foto: dok. realityclub)



    Jakarta: Wali Kota Austin, Texas mengumumkan konferensi South by Southwest (SXSW) dibatalkan untuk mengantisipasi penyebaran wabah korona alias Covid-19. Kabar ini diumumkan pada Jumat, 6 Maret 2020.

    "Ini adalah peristiwa penting bagi kota kami dalam banyak hal, terkait siapa kami di kota ini. Saya menantikan perulangan (penjadwalan baru) SXSW ketika kembali untuk Austin," kata Wali Kota Steve Adler dilansir dari NBC News.

     



    SXSW adalah acara tahunan yang menarik perhatian ribuan pengunjung ke Austin. Konferensi ini meliputi diskusi tentang teknologi, media, olahraga, pendidikan, video games, festival film, dan musik.

    Sementara itu, sejumlah rekanan dan partisipan acara juga sudah mengundurkan diri dari konferensi SXSW yang digelar selama dua pekan yakni pada 13-22 Maret 2020. Dimulai dari Twitter, Facebook, dan Intel.

    "Karena kekhawatiran virus korona, perusahaan dan karyawan kami tidak akan berpartisipasi dalam SXSW tahun ini," tulis juru bicara Facebook melalui email.

    Rekanan lain yang membatalkan kehadirannya yakni Amazon Studios, Apple, dan Netflix. Ketiganya dijadwalkan melakukan premiere film di SXSW. WarnerMedia dan NBCUniversal juga batal hadir di SXSW untuk antisipasi virus korona.

    Hingga kemarin, SXSW tetap bergerak dan menambah pembicara baru pada minggu ini. Peristiwa besar lain seperti Festival Music Ultra, Facebook's F8 Developer Conference, dan IBM's Think Conference juga telah dibatalkan.

    Pihak penyelenggara SXSW tengah mempertimbangkan opsi untuk menjadwalkan ulang acara. Mereka juga menyediakan pengalaman secara online dalam SXSW virtual sesegera mungkin untuk partisipan SXSW 2020.

    "Pertunjukan harus berlangsung sudah mengalir di darah kami dan ini kali pertama dalam 34 tahun tidak akan terjadi di bulan Maret. Kami tengah bekerja menghadapi konsekuensi dari peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya," ungkap penyelenggara dalam pernyataan tertulis.

    Atas kejadian ini, dua grup musik perwakilan Indonesia Reality Club dan Grrrl Gang ikut terancam batal tampil dalam SXSW 2020. Tahun lalu, mereka diumumkan bersama lebih dari 2.000 artis mewakili 60 negara untuk tampil di SXSW 2020.  

    SXSW 2019 berhasil menarik perhatian lebih dari 417 ribu pengunjung dari 106 negara. Menurut laporan rilis SXSW, acara tersebut memberi kontribusi 356 juta dolar AS setara Rp5,07 miliar untuk perekonomian kota Austin.


     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id