Secuplik Kiprah Didi Hadju di Dunia Musik Indonesia

    Dhaifurrakhman Abas - 06 April 2020 20:48 WIB
    Secuplik Kiprah Didi Hadju di Dunia Musik Indonesia
    Didi Hadju (Foto: Instagram @shelomitadiah)
    Jakarta: Pengamat musik, Bens Leo, mengenang bagaimana sosok musisi Didi Hadju semasa hidupnya. Didi merupakan musisi populer di masa 70-an.

    "Sebetulnya masa itu band papan atas Indonesia, para pemainnya sudah pasti populer. Begitu juga ketika kita bicara The Steps pasti populer," kata Bens ketika berbincang dengan Medcom.id, Senin 6 April 2020.

    Band-band besutan Didi Hadju populer karena menjadi segelintir grup musik Tanah Air yang berhasil moncer di pasar internasional. The Steps misalnya, kondang hingga negara-negara tetangga. Saking tenarnya, mereka sampai digaet label rekaman Philips Records dari Singapura.

    "Jadi puncaknya rekaman Philips di Singapura. Tidak sembarang band Indonesia yang bisa kontrak di perusahaan rekaman asing waktu itu," kenangnya.

    Apalagi kontribusi Didi di dalam band sangat besar. Tak hanya menjadi keyboardist dan pianist, Didi juga menjadi basic arranger di dalam grup musiknya.

    "Dan Mas Didi Hadju pada keyboard itu, seorang keyboardist atau pianis punya peran besat menata musik atau aransemen yang sebagian besar dipegang olehnya. Itu yang menyebabkan mas Didi menjadi populer," ucapnya.

    Bens juga mengatakan, Didi yang juga dikenal sebagai ayah dari penyanyi Shelomita itu memiliki pengaruh besar dalam belantika musik Indonesia hingga saat ini. Dia menjadi sosok yang menginspirasi band-band pengiring di Indonesia memiliki kemampuan bermain musik lintas genre.

    "Menurut saya pribadi, untuk band pengiring besar pada musisi sekarang yang banyak membawakan lagu-lagu dalam ragam genre musik. Misalkan bisa mainin lagu pop, bisa mainin jazz, bisa mainin reggae dan sebagainya, tanpa meninggalkan kemampuan bermain musik asli Indonesia," tandas dia.

    Sebelumnya diberitakan, musisi senior Didi Hadju meninggal dunia pada Senin pagi, 6 April 2020 di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Bintaro. Dia meninggal pada dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

    "Inna lillaahi wa inna illaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullaah bapak Didi Hadju di RS Mitra Keluarga Bintaro Pada jam 01.34 (WIB)," kata pengamat musik, Stanley Tulung, melalui laman Instagram @stanleytulung miliknya, Senin 6 April 2020.

    Belum diketahui apa penyebab meninggalnya Didi. Namun menurut Stanley, musisi senior itu telah menjalani perawatan di rumah sakit sebelum menghembuskan napas terakhirnya.

    Lebih lanjut, Stanley menyebut, saat ini jenazah Didi akan disemayamkan di rumah duka di kawasan Pondok Ranji, Bintaro. Jenazah akan dikebumikan besok, Selasa 7 April 2020.

    "Jenazah akan disemayamkan di rumah duka Jl. Beruang Raya no 2, Pondok Ranji, Bintaro. Dan akan dimakamkan besok (tempat dan waktu akan di informasi kan kemudian)," tandas dia.

     



    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id