Endah n Rhesa Cerita di Balik When You Love Someone

    Putu Radar Bahurekso - 08 Juni 2016 21:45 WIB
    Endah n Rhesa Cerita di Balik When You Love Someone
    Endah n Rhesa (Foto: Metrotvnews/Putu)
    medcom.id, Jakarta: Dari sebuah jamming tanpa persiapan, kemudian lahirlah sebuah kolaborasi. Yang satu dari ibukota dan yang satu lagi dari Pulau Dewata.

    Agustus 2015, dalam sebuah acara di Sanur Village Festival, Endah n Rhesa dan Dialog Dini Hari bertemu dan melakukan sebuah kolaborasi sederhana. Pertemuan mereka kemudian melahirkan sebuah mini album berjudul Parahita.

    Parahita sudah dirilis dan diperkenalkan kepada publik pada awal April 2016 melalui sebuah konser di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki.

    Berbicara mengenai pertunjukan konser ataupun di festival yang dimainkan oleh Endah n Rhesa, selalu ada satu lagu yang hampir pasti dimainkan, yakni lagu berjudul When You Love Someone. Sebuah lagu yang memperkenalkan nama Endah n Rhesa kepada publik.

    Dalam sebuah kesempatan, Metrotvnews sempat bertemu dengan duo pop-jazz yang beranggotakan Endah Widiastuti dan Rhesa Aditya tersebut di kawasan Senayan, Jakarta. Kami pun berbincang mengenai beberapa hal termasuk tentang kolaborasi Parahita dan cerita di balik lagu When You Love Someone tersebut.

    Kolaborasi Parahita

    Bermula pada Agustus 2015, dalam sebuah event di Bali bernama Sanur Village Festival. Dalam event tersebut Endah n Rhesa tampil berkolaborasi bersama band indie asal Bali yakni, Dialog Dini Hari.

    Jamming singkat tersebut kemudian menjadi cikal-bakal kemunculan mini album kolaborasi kedua band tersebut yang berjudul Parahita.

    “Agustus 2015 kami sempat berkolaborasi bareng Dialog Dini Hari di Sanur Village Festival. Waktu itu kolaborasinya hanya jamming saja sebenarnya. Habis dari itu kerasa seru, akhirnya enggak lama kita ketemu lagi di Bali dan kemudian kita mencoba kolaborasi. Itu cikal bakalnya album Parahita ini," tutur Endah Widiastuti, vokal dan gitar dari Endah n Rhesa, saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta.

    Mengenai kolaborasi mini album berjudul Parahita ini, Endah n Rhesa dan Dialog Dini Hari menggunakan nama baru yakni DDHEAR. DDHEAR adalah akronim dari kedua band tersebut, Dialog Dini Hari dan Endah and Rhesa.

    Selain membuat materi lagu baru, DDHEAR juga membuat lagu cover dari masing-masing band ke dalam album ini. Dialog Dini Hari meng-cover lagu Endah n Rhesa, begitupun sebaliknya.

    Parahita adalah sebuah kata dalam bahasa Sansekerta. Nama ini digunakan karena dianggap cocok dengan kolaborasi kedua band tersebut.

    “Parahita itu artinya saling melindungi, saling peduli, dan saling memperhatikan. Semacam simbiosis mutalisme lah,” ujar Rhesa Aditya, bassist Endah n Rhesa.

    Endah n Rhesa Cerita di Balik When You Love Someone

    “Jadi nama ini cocok untuk kolaborasi kita di mana kita juga sebenarnya saling belajar dari satu sama lain di kolaborasi ini,” sambung Endah.
     
     
    Cerita Di balik When You Love Someone

    "When you love someone just be brave to say that you want him to be with you. When you hold your love don’t ever let him go or you will loose your chance to make your dream come true"

    Lirik di atas adalah penggalan dari bagian reff lagu yang sudah tak asing lagi. Dalam setiap penampilannya, Endah n Rhesa hampir selalu membawakan lagu tersebut.

    Lagu tersebut berjudul When You Love Someone, sebuah lagu pop akustik yang sudah sangat lekat dengan penampilan Endah n Rhesa.

    Tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang lagu itu, Endah n Rhesa pun mau menceritakan tentang lagu When You Love Someone ini.

    When You Love Someone itu lagu yang kita ciptakan waktu tahun 2004, lagu ini bisa dibilang cikal-bakal lahirnya Endah n Rhesa,” ujar Endah.

    “Sebenarnya lagu ini awalnya dibikin sama Endah dan dibawain sendiri sama Endah. Jadi waktu itu Endah baru keluar dari band, terus dia bikin EP judulnya The New Beginning. Nah, lagu ini ada di dalam EP itu dan waktu itu aku cuma ikut featuring saja di lagu ini,” sambung Rhesa.

    "Sepertinya emang lagu When You Love Someone itu yang paling diminati. Dari sejak itu kita jadi sering bikin lagu bareng,” lanjut Rhesa.

    Setelah kemudian kolaborasi beberapa kali, dan ada kecocokan dalam bermusik, Endah Widiastuti dan Rhesa Aditya membentuk duo Endah n Rhesa.

    “Sebenarnya agak insecure juga waktu itu mau bikin duo. Soalnya kan waktu itu kita masih pacaran, jadi mikirin kalau entar putus gimana, kalau gini atau gitu gimana. Tapi akhirnya kita jalani saja dan bikinlah Endah n Rhesa,” tutur Endah.

    “Tapi itu lagunya bukan tentang kita lho ya... hahaha,” lanjut Endah kemudian tertawa.

    Endah n Rhesa Cerita di Balik When You Love Someone

    Endah sebagai penulis lagu When You Love Someone ini juga tak lupa menceritakan tentang ide di balik pengerjaan lagu tersebut. Endah menulis lagu ini karena menurutnya masih banyak perempuan yang malu-malu mengungkapkan perasaannya saat sedang jatuh cinta.

    “Kalau perempuan ngungkapin perasaan duluan tuh seolah mereka pikir gimana gitu. Padahal ya itu sebenarnya biasa saja. Masih banyak perempuan yang ragu atau malu kalau bilang suka,” tutur Endah.

    “Melalui lagu ini kita pingin sampaikan kalau mau ngungkapin perasaan enggak usah malu-malu, berani saja,” lanjut Endah.

    Keinginan Endah ingin menyampaikan hal tersebut memang terlihat jelas dalam lirik-lirik lagu When You Love Someone ini. Tak ada kerumitan yang disampaikan, lagu ini menyampaikan pesannya dengan jelas dan sederhana bahwa jika suka tinggal sampaikan.

    (ELG)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id