Film Biopik Susi Susanti Sangat Personal bagi Laura Basuki

    Cecylia Rura - 23 Oktober 2019 07:00 WIB
    Film Biopik Susi Susanti Sangat Personal bagi Laura Basuki
    Laura Basuki di Jakarta Pusat, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
    Jakarta: Aktris Laura Basuki memerankan Susy Susanti dalam film biopik. Mengemban tugas berat, istri Leo Sanjaya ini memetik pesan personal tentang kekuatan perempuan dari sosok Susy Susanti.

    "Buat aku film Susi Susanti sangat perosnal buat aku karena enggak banyak tawaran film di mana peran utamanya mengangkat kekuatan dan kehebatan seorang perempuan. Biasanya rata antara laki-laki dan perempuan," kata Laura Basuki di Jakarta Pusat, Selasa, 22 Oktober 2019.

    Figur sosok Susy Susanti terbilang prestisius di cabang olahraga bulutangkis. Terlebih, nama Susy Susanti masuk dalam daftar legenda Indonesia.

    Selain rekam jejak dan pelik kehidupan Susy Susanti merintis mimpi sebagai atlet bulutangkis, kehidupan Susy bersama keluarga dari latar belakang keluarga Cina memuat pesan penting tentang menjaga persatuan di tengah keberagaman di Indonesia. Diceritakan juga bagaimana etnis Cina, termasuk Susy dan Alan yang terkendala SKBRI untuk statusnya sebagai Warga Negara Indonesia.

    "Dengan memainkan film ini membuat saya melihat Indonesia dari sudut pandang yang lain. Buat saya lebih mencintai negara ini, mencintai dunia olahraga, dunia badminton," kata Laura.

    Laura Basuki sendiri memiliki keturunan etnis Cina. Ayahnya berasal dari Semarang, ibunya berasal dari Vietnam. Kendati begitu, Laura Basuki tak pernah mengalami diskriminasi karena latar belakang dari etnis Cina.

    "Buat saya Indonesia adalah negara saya dan warga negara saya juga Indonesia. Jadi saya enggak merasa ada membedakan suku-suku," terangnya.

    Susi Susanti: Love All menceritakan rekam jejak atlet pebulutangkis Susy Susanti dalam proses menaiki tangga kesuksesan menjadi legenda cabang olahraga bulutangkis. Selain itu, kisah cinta dan konflik karier Susy Susanti terutama ketika zaman orde baru dan reformasi yang saat itu PBSI diketuai Try Sutrisno turut diangkat ke dalam cerita film.

    Film Susi Susanti: Love All dibintangi Laura Basuki, Dion Wiyoko, Kelly Tandiono, Rafael Landry Tanubrata, dan Lukman Sardi. Film biopik ini menjadi proyek film debut sutradara Sim F.

    Setelah sempat tarik ulur tanggal penayangan, semula Februari, kemudian berpindah ke Agustus, film Susi Susanti: Love All siap tayang di bioskop 24 Oktober 2019.

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id