Kemenparekraf Kembali Buat Pelatihan Penulisan Skenario

    Sunnaholomi Halakrispen - 30 Maret 2021 09:00 WIB
    Kemenparekraf Kembali Buat Pelatihan Penulisan Skenario
    SCENE (Masterclass Pengembangan Skenario Film TV dan OTT) (Foto: dok. kemenparekraf)



    Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali menggelar pelatihan penulisan skenario. SCENE (Masterclass Pengembangan Skenario Film TV dan OTT) 2021 digelar di empat kota.

    Di antaranya, berlangsung di Surabaya, Padang, Labuan Bajo, dan Makasar. Setiap kota akan diikuti 20 peserta, sebagai upaya memunculkan talenta baru tanah air dalam menulis skenario konten televisi dan film.






    Kegiatan SCENE bertujuan untuk menemukan dan mengakselerasi penulis menjadi pembuat skenario yang dapat memberikan warna baru dalam industri Film Televisi dan OTT. Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Neil El Himam.

    "Sehingga pelaku ekonomi kreatif yang dapat membuat konten televisi, perfilman, dan OTT berkualitas ini juga bisa membantu menguatkan karakter lokal dan mendukung upaya pengembangan destinasi pariwisata Indonesia," ujar Neil El Himam dalam siaran pers.

    Kegiatan ini memasuki tahun kedua penyelenggaraan. Sebelumnya, pada tahun 2020, SCENE digelar di Kota Denpasar, Jogja, dan Medan, dengan menghasilkan 57 cerita pilihan.

    "Dari beberapa cerita pilihan tersebut di antaranya telah dipinang oleh berbagai production house dan akan diproduksi pada tahun 2021. Seperti Mauli Bulung yang ditulis oleh Immanuel Prasetya Gintings, peserta SCENE Medan asal Medan," papar Direktur Industri Kreatif Film, Televisi dan Animasi, Kemenparekraf/Baparekraf, Syaifullah.

    "Launching produksi film Mauli Bulung telah dilaksanakan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, pada event Gernas BBI, dan diresmikan langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno," jelasnya.

    Syaifullah berharap, melalui kegiatan tersebut dapat menanamkan nilai-nilai budaya pada karya. Sehingga, tidak hanya bicara soal cinta atau roman picisan.

    "Diharapkan melalui kegiatan SCENE bisa terjadi pertukaran sumber daya informasi yang nantinya akan mendorong dan mengembangkan industri kreatif nasional," tuturnya.

    Di sisi lain, kegiatan SCENE Surabaya sendiri telah dimulai pada 24 Maret hingga 27 Maret 2021. SCENE Surabaya menghadirkan narasumber dari Persatuan Karyawan Film Televisi Indonesia (KFT), seperti Ketua KFT Gunawan Paggaru, Eric Gunawan, Lintang Pramudya Wardhani, Lina Nurmalina, dan Dedey Natalia.

    Sejumlah materi diberikan kepada para peserta. Di antaranya, pengantar media TV dan Media Baru, pengantar berpikir visual, pengenalan media luaran, pengenalan struktur, logline, character background, praktek kelompok - sinopsis, praktek kelompok - treatment, praktek kelompok – finalize bible, presentasi.

    "Nantinya 10 peserta terpilih dari empat kota pelaksanaan akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti inkubasi dan networking night bersama para produser, rumah produksi dan pelaku industri film nasional," pungkas Syaifullah.

    Sedangkan di kota lainnya, jadwalnya berbeda-beda. Di Bandung, diselenggarakan pada 03-06 April 2021, di Padang pada 02-05 Juni 2021. Sedangkan jadwal untuk di Labuan Bajo dan Makassar, masih menunggu informasi selanjutnya.

    Calon peserta dapat mengikuti kegiatan, dengan wajib mengisi Google Form terlebih dahulu. Deadline pengisiannya, pada 21 Maret 2021 untuk pendaftar SECENE Surabaya, sedangkan untuk Bandung hingga 31 Maret 2021, dan Kota Padang hingga 30 Mei 2021. Untuk keterangan lebih lanjut, calon peserta bisa mengunjungi laman bit.ly/scene2021.

     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id