Ulasan Film Hustlers

    Cecylia Rura - 16 Oktober 2019 08:00 WIB
    Ulasan Film Hustlers
    Hustlers. (Foto: Barbara Nitke/Courtesy of STXfilms)
    Jakarta: Destiny (Constance Wu) terpana melihat Ramona (Jennifer Lopez) dihujani rimbunan dolar yang menutupi tubuhnya setelah melekukkan betis di tiang penari. Berawal dari rasa kagum ini, Destiny meminta kursus striptis kepada Ramona.

    Destiny dan Ramona lalu berduet memanipulasi para pialang saham dan borjuis di Sin City. Sudut-sudut tubuh erotis menjadi pertunjukan utama, duet maut mereka sukses mendapat bayaran termahal. Syarat utamanya, mereka tetap sadar meski klien dibuat mabuk.

    Kisah nyata ini bersumber dari artikel The Hustlers at Scores (2015) di Majalah New York Times, tulisan jurnalis Jessica Pressler yang mewawancarai para penari kelab malam. Cerita ini diterjemahkan dalam naskah film oleh Lorene Scafaria yang sekaligus menyutradarai film.

    Persahabatan sang imigran Asia dengan Ratu Striptis berkulit eksotis mengesampingkan kebiasaan peran utama yang biasa dipegang warga kulit putih non-Asia dalam film-film Hollywood. Formasi ini seperti layar unjuk gigi talenta-talenta Hollywood berkulit gelap dan berwajah Asia.

    Pandangan umum terhadap penari di kelab malam sudah menancapkan stigma pekerjaan tak halal di masyarakat. Hustlers jelas menunjukkan kelas pekerja menengah dan sebab-akibat permasalahan ini di budaya Barat, bukan budaya Timur. Tidak tepat untuk disandingkan dengan tradisi kita karena mungkin ada perbedaan syarat dalam budaya striptis dan persoalan ekonomi keluarga di Asia.

    Cukup mengagetkan ketika film Hustlers lulus tayang di bioskop Indonesia. Meski diberi klasifikasi usia penonton 21 tahun ke atas, komposisi pengaburan atau sensor gambar kurang adil dalam film yang jelas-jelas mempertontonkan area vital laki-laki dan perempuan. Lantas, untuk apa diberi klasifikasi usia 21 tahun ke atas jika masih diberi pengaburan?

    Terlepas dari teknik sensor yang mengganggu, Constance Wu langsung bersanding dengan aktor sekaliber Jennifer Lopez, penyanyi yang juga duduk di bangku produser untuk film Hustlers. Terima kasih untuk Crazy Rich Asians (2018) yang melambungkan popularitas Constance Wu. Meski bersanding, aura bintang Constance Wu belum bisa disetarakan dengan J.Lo.

    Di balik kisah para penari kelab malam disisipkan cerita persahabatan manis yang semula seharga mantel bulu Chincilla. Lagi-lagi bukan hanya soal perut, pekerjaan memanjakan mata lelaki ini untuk mencukupkan kebutuhan dan demi keluarga, sekaligus menaikkan standar gaya hidup glamor sebagai modal kerja para Hustlers.

    Hustlers

    Sutradara: Lorene Scafaria
    Produser: Jennifer Lopez, Jessica Elbaum, Will Ferrell, Adam McKay, Elaine Goldsmith-Thomas
    Penulis naskah film: Lorene Scafaria
    Naskah orisinal: Jessica Pressler dalam artikel New York Times berjudul The Hustlers at Scores
    Pemain: Constance Wu, Jennifer Lopez, Julia Stiles, Keke Palmer, Lili Reinhart, Cardi B
    Klasifikasi LSF: 21+
    Tayang di bioskop Indonesia: Oktober 2019


     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id