comscore

Kru Terlibat Dugaan Pelecehan Seksual, Ini Sikap Pihak Film Penyalin Cahaya

Sri Yanti Nainggolan - 10 Januari 2022 18:46 WIB
Kru Terlibat Dugaan Pelecehan Seksual, Ini Sikap Pihak Film <i>Penyalin Cahaya</i>
Film Penyalin Cahaya (Foto: kaningapictures)
Jakarta: Salah satu kru film Penyalin Cahaya diduga terlibat kasus pelecehan seksual. Ironis karena film yang akan tayang di Netflix pada 13 Januari 2022 ini mengangkat isu pelecehan seksual. 

Perusahaan produksi Penyalin Cahaya, Rekata Studio dan Kaninga Pictures, mengeluarkan pernyataan sikap. Pihak Penyalin Cahaya mengungkapkan bahwa mereka menerima laporan pelecehan seksual dari suatu komunitas. 

 



"Kami mendapati sebuah nama dari tim film Penyalin Cahaya tercatat sebagai terlapor akan dugaan perbuatan di masa lalunya," tulis pernyataan yang diposting di Instagram @penyalincahaya, Senin, 10 Januari 2022. 

Pernyataan sikap pihak Penyalin Cahaya. Instagram @penyalincahaya
Pernyataan sikap pihak Penyalin Cahaya. Instagram @penyalincahaya

Sebagai respons akan hal tersebut, pihak Penyalin Cahaya memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film dan di materi-materi publikasi film. 

"Pihak terlapor tersebut tidak lagi menjadi bagian dari film Penyalin Cahaya dan Rekata Studio," tegas pernyataan tersebut. 

"Rekata Studio & Kaninga Pictures sangat serius dalam menyikapi kejadian ini dan kami berharap proses-proses yang terjadi setelah pelaporan ini berjalan dengan mengakomodir kepentingan penyintas dan dapat terselesaikan sesuai jalur yang tepat. Terima kasih," tutur rilis itu. 

Baca: 12 Penghargaan FFI Diborong Film Penyalin Cahaya
 

Pihak Penyalin Cahaya tegaskan berpihak pada penyintas pelecehan seksual

Pihak Penyalin Cahaya menegaskan bahwa mereka berusaha memberikan ruang aman dari pelecehan seksual. Termasuk dalam proses syuting. 

"Kami Rekata Studio & Kaninga Pictures berkomitmen untuk memberikan ruang aman yang bebas dari pelecehan seksual dan kami akan selalu berpihak pada penyintas," ucap rilis itu. 

Pihak Penyalin Cahaya menegaskan bahwa hal misi utama mereka adalah menjaga lingkungan produksi film yang bebas dari pelecehan seksual. "Hal ini terbukti dari proses syuting film Penyalin Cahaya yang berjalan dengan aman selama 20 hari di Januari 2021," terang pernyataan tersebut. 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id