Daftar Drama Korea dengan Biaya Produksi Tertinggi

    Cecylia Rura - 30 Juli 2020 12:49 WIB
    Daftar Drama Korea dengan Biaya Produksi Tertinggi
    Arthdal Chronicles (Foto: via TVN)
    Jakarta: Drama Korea hingga saat ini tampak tertib berbaris menyiapkan produksi terbaru mengisi slot tayang di beberapa jaringan dan tayang secara eksklusif di platform streaming. Lewat drama ini, lahir idola baru dengan peran ikonik.

    Tak jarang juga visual dan properti yang ditampilkan menarik perhatian penonton. Di balik kesuksesan mencuri perhatian tersebut, produksi drama Korea menggelontorkan ratusan miliar rupiah.

    Berikut daftar drama Korea dengan estimasi biaya produksi tertinggi, dikutip dari laporan Kpopmap tertanggal 18 Juni 2020:

    16. The Tale of Nokdu (2019)



    Drama romantis The Tale of Nokdu menampilkan cerita romantis pada zaman Dinasti Joseon. The Tale of Nokdu diadaptasi dari webtoon karya Hye Jin Yang.

    Drama The Tale of Nokdu dirangkum dalam 32 episode, dibintangi Jang Dong Yoon dan Kim So Hyun. Diprediksi biaya produksi drama ini mencapai 10 miliar won setara Rp121,7 miliar.

    15. Are You Human Too? (2018)



    Are You Human Too? berawal dari kisah seorang ilmuran bernama Oh Laura yang kehilangan suami, serta putranya yang diambil paksa oleh mertua. Drama ini dibintangi Kim Sung Ryung, Seo Kang Joon, dan Park Yeong Gyu.

    Drama misteri Are You Human Too? melakukan syuting di Korea Selatan dan Republik Ceko. Disebutkan, biaya produksi banyak dikeluarkan untuk pengerjaan grafis dan special effect untuk robot. Biaya produksi Are You Human Too? diprediksi sekitar 10 miliar won setara Rp121,7 miliar.

    14. Chief of Staff (2019)



    Drama politik Chief of Staff dibintangi Shin Min Ah dan Lee Jung Jae. Pada 2019, Chief of Staff tayang dalam dua musim.

    Dua musim Chief of Staff masing-masing terangkum dalam 10 episode. Diprediksi biaya produksi drama dua musim tersebut mencapai 16 miliar won setara Rp196,6 miliar.

    13. Memories of the Alhambra (2018)



    Drama Memories of the Alhambra menggunakan biaya produksi yang kurang lebih sama dengan Are You Human Too?. Syuting dilakukan di Korea Selatan, Granada, dan Barcelona.

    Memories of the Alhambra dengan 16 episode menggunakan teknologi komputer terbaik untuk grafis dan augmented reality (AR) games. Drama yang dibintangi Park Shin Hye dan Hyun Bin ini diprediksi menghabiskan biaya produksi 20 miliar won setara Rp245,8 miliar.

    12. Athena: Goddess of War (2010)



    Drama Athena: Goddess of War merupakan kisah lepasan dari drama Iris. Thriler, action, dan romantis ditampilkan dalam 20 episode.

    Syuting Athena: Goddess of War dilakukan di beberapa negara di antaranya Italia, Jepang, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Estimasi biaya produksi drama Athena: Goddess of War menghabiskan 20 miliar won setara Rp245,8 miliar.

    11. Iris (2009)



    Drama action Iris menampilkan Kim Tae Hee dan Lee Byung Hun. Drama ini melakukan syuting di beberapa negara dan praktis menggunakan multibahasa.

    Drama iris dalam 20 episode diprediksi menghabiskan 20 miliar won setara Rp245,8 miliar.

    10. My Country (2019)



    Drama sejarah My Country menggunakan latar waktu akhir Dinasti Goryeo dan awal Dinasti Joseon. Drama ini dirangkum dalam 16 episode.

    My Country dibintangi Wo Do Hwan, Yang Se Jong, Seol Hyun AOA, dan Jang Hyuk. Diprediksi produksi drama ini mengeluarkan biaya lebih dari 20 miliar won setara Rp245,8 miliar.

    9. Saimdang, Light's Diary (2017)



    Masih dari drama sejarah Korea. Saimdang, Light's Diary menceritakan kisah kaligrafer dan seorang seniman pada era Dinasti Joseon. Drama ini dibintangi Song Seunh Heon dan menjadi comeback Lee Young Ae.

    Saimdang, Light's Diary menampilkan era pada zaman lampau dan sekarang. Syuting dilakukan di Korea dan Italia. Prediksi biaya produksi drama Saimdang, Light's Diary mencapai sekitar 20 miliar won setara Rp245,8 miliar.

    8. Iris 2 (2013)



    Melanjutkan kisah pertama yang tayang pada 2009, drama Iris 2 dirangkum dalam 20 episode dibintangi Jang Hyuk, Lee Da Hae, dan Lee Beom Soo. Prediksi biaya produksi drama Iris 2 berkisar 20 miliar won setara Rp245,8 miliar.

    7. Criminal Minds (2017)



    Drama Criminal Minds diadaptasi dari serial Amerika berjudul sama. Drama Korea Criminal Minds dirangkum dalam 20 episode, dibintangi Lee Joon Gi, Son Hyun Joo, dan Moon Chae Won.

    Prediksi biaya produksi untuk drama ini sebesar 1 miliar won per episode, setara Rp12 miliar. Jika terdapat 20 episode maka total estimasi biaya produksi Rp240 miliar.

    6. Hotel Del Luna (2019)



    Drama fantasi Hotel Del Luna menampilkan IU dan Yeo Jin Goo. Produksi drama ini menggunakan teknologi komputer CGI, serta menggunakan beberapa set, pemeran tamu, dan pakaian mahal.

    Hotel Del Luna dirangkum dalam 16 episode. Drama ini diprediksi menghabiskan biaya produksi antara 16 miliar hingga 20 miliar won.

    5. Vagabond (2019)



    Drama Vagabond menampilkan Lee Seung Gi dan Suzy. Syuting dilakukan di Maroko dan Portugal dengan aksi yang tidak biasa dan memacu adrenalin.

    Vagabond dirangkum dalam 16 episode. Prediksi biaya produksi untuk drama Vagabond mencapai 25 miliar won setara Rp306 miliar.

    4. Mr. Sunshine (2018)



    Mr. Sunshine menyuguhkan drama sejarah dibintangi Lee Byung Hun dan Kim Tae Ri. Drama ini dirangkum dalam 24 episode dengan menampilkan special effect.

    Diprediksi biaya produksi per episode mencapai lebih dari 1,5 miliar won setara Rp18,4 miliar. Maka total biaya produksi drama Mr. Sunshine menghabiskan sekitar Rp441,6 miliar.

    3. The King: Eternal Monarch (2020)



    Drama fantasi The King: Eternal Monarch menampilkan dua kehidupan di zaman berbeda. Para pemain utama juga memiliki peran ganda.

    Properti drama ini tak tanggung-tanggung menggunakan helikopter, kapal, dan mobil mewah. Drama ini menjadi serial pertama Lee Min Ho setelah kembali dari wamil, dipasangkan dengan Kim Go Eun.

    The King: Eternal Monarch dirangkum dalam 16 episode. Biaya produksi drama ini diprediksi mencapai lebih dari 30 miliar won.

    2. Kingdom 1 dan 2 (2019-2020)



    Kingdom menampilkan drama sejarah sekaligus memuat unsur thriller dengan menampilkan para zombie pada Dinasti Joseon. Drama ini dibintangi Ju Ji Hoon, Ryu Seung Ryong, dan Bae Doona.

    Estimasi biaya produksi drama Kingdom per episode mencapai 2-3 miliar won. Total 12 episode dalam dua musim Kingdom sekitar 36 miliar won setara Rp441,7 miliar.

    1.  Arthdal Chronicles (2019)



    Arthdal Chronicles disebut sebagai drama fantasi dengan latar waktu zaman kuno pertama produksi Korea Selatan. Drama ini dibintangi Song Joong Ki, Jang Dong Gun, dan Kim Ji Won.

    Arthdal Chronicles tayang dalam 18 episode yang dibagi dalam tiga bagian. Syuting dilakukan di Osan, kawasan selatan Gyeonggi dan Brunei Darussalam.

    Arthdal Chronicles diprediksi menghabiskan biaya produksi 2,5 hingga 3 miliar won per episode. Estimasi total biaya 54 miliar won setara Rp656,2 miliar.

    (ELG)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id