FIlm Rusia Modern yang Wajib Anda Tonton

    Kumara Anggita - 16 Juni 2019 07:00 WIB
    FIlm Rusia Modern yang Wajib Anda Tonton
    Film Hipsters (Foto: via imdb)
    Jakarta: Rusia adalah negara yang luar biasa namun sayangnya banyak orang yang tidak memahami apa yang dimilikinya. Untuk mengenal lebih dalam, Anda bisa melihat film-filmya yang menunjukkan kondisi Rusia dan kebudayaannya.

    Tak hanya itu, Anda juga akan menikmati kualitas filmnya yang tidak kalah dengan film-film Inggris, Perancis, atau Hollywood. Luangkan waktu Anda untuk mengenali negara dingin ini.

    Berikut lima film Rusia yang wajib Anda tonton pilihan Medcom:

    Russian Ark (2002)
    FIlm Rusia Modern yang Wajib Anda Tonton
    Film yang disutradarai oleh Alexander Sokurov ini merupakan film drama sejarah yang menggunakan latar tempat Winter Palace dan museum Hermitage. Dua tempat ini adalah tempat bersejarah yang dijadikan destinasi para turis dan orang Rusia sendiri untuk memahami kebudayaan Rusia. Dalam cerita tersebut , orang-orang dalam lukisan hidup dan tokoh-tokoh bersejarah berlarian.

    Dari sini, Anda bisa mendapatkan ringkasan sejarah Rusia selama tiga abad. Sokurov menggabungkan sejarah, seni, dan sinematik menjadi padu. Russian ark menerima the Visions Award pada tahun 2002 di Toronto Internation Film Festival.

    Hipsters (2008)
    FIlm Rusia Modern yang Wajib Anda Tonton
    Jika Anda berpikir bahwa Rusia hanya seputar balet, seni, atau sastra maka Anda harus nonton Hipster yang disutradari oleh Valery Todorovsky. Hipster adalah film drama musikal komedi yang dibintangi oleh Anton Shagin dan Oksana Akinshina. Ini bercerita tentang kehidupan tahun 1950 an yang artinya Rusia masih dalam represi zaman Uni Soviet. Ini menunjukkan bahwa orang di sana juga ingin menikmati kebudayaan populer juga. Orang-orang di sini secara ilegal beli barang-barang mode asing, mendengarkan musik barat, menari ala barat. Sayangnya perkumpulan itu dibubarkan dan dihakimi.

    Loveless (2017)
    FIlm Rusia Modern yang Wajib Anda Tonton
    Loveless yang disutradarai oleh Andrey Zvyaginsten bercerita tentang orang tua yang berpisah yang dibintangi oleh Maryana Spivak dan Aleksey Rozin. Keadaan ini membuat anaknya jadi melarikan diri. Alhasil mereka harus kembali untuk menemukan anaknya yang hilang. Film ini mengantongi banyak penghargaan antara lain Juri Prize di Cannes, Film Terbaik, Soundtrack Terbaik, dan Sinematografer Terbaik di European Film Awards, dan dinominasikan untuk Oscar dan Golden Globe.

    Everyone Dies But Me (2008)
    FIlm Rusia Modern yang Wajib Anda Tonton


    Ini adalah film pertama yang sutradaranya adalah perempuan yaitu, Valeriya Gai Germanika. Film ini bercerita tentang kehiudpan remaja yang tidak stabil. Ada Katya yang menerima kekerasan di rumah, Vika yang selalu di-bully dan Zhanna yang moodnya berubah-ubah sampai ingin bunuh diri. Film ini menunjukan realitas anak remaja terkhusus perempuan yang berat. Film ini mendapat penghargaan di Cannes Film Festival (2008) young cinematographer award.

    Leviathan (2014)
    FIlm Rusia Modern yang Wajib Anda Tonton
    Leviathan disutradari oleh Andrei Zvyagintsev yang membawa latar desa kecil  Teriberka di wilayah Murmansk di Rusia utara. Film ini menunjukan ketidakberdayaannya individu dalam menghadapi mesin negara. Sebuah film yang dalam dan membuat Anda berpikir. Ini adalah salah satu film Rusia yang sukses secara internasional. Leviathan dinominasikan sebagai film berbahasa asing terbaik di Oscar dan memenangkan katergori yang sama di Golden Globes. Di Palme d'Or di Cannes film ini juga mendapat penghargaan untuk skenario terbaik.


    The Student (2016)
    FIlm Rusia Modern yang Wajib Anda Tonton

    Film Kirill Serebrennikov ini bisa langsung Anda nikmati di Netflix. The Student bercerita tentang seorang siswa bernama Veniamin Yuzhin (Pyotr Skvortsov) yang masih duduk di  sekolah menengah namun begitu fanatik terhadap agamanya. Buruknya, dia menyerap semua dan memahaminya secara harfiah. Dia memaksa orang di sekitarnya untuk sejalan dengannya dan alhasil membawanya ke dalam kehancuran. Film ini menerima beberapa penghargaan di festival film internasional, termasuk Cannes.


     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id