Pemerintah Siapkan Tatanan New Normal untuk Menonton di Bioskop

    Cecylia Rura - 24 Juni 2020 16:40 WIB
    Pemerintah Siapkan Tatanan New Normal untuk Menonton di Bioskop
    Joshua Simanjuntak, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif (EDPK) Kemenparekraf, Rabu, 24 Juni 2020.
    Jakarta: Memasuki era kenormalan baru, pemerintah tengah menyiapkan tatanan baru bagi pelaku usaha dan konsumen bioskop. Hal ini disampaikan Edi Suwardi, Kapokja Apresasi dan Literasi Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru, Ditjen Kebudayaan Kemendikbud.

    "Untuk masa tatanan new normal kami juga sudah akan coba bagaimana mempersiapkan kegiatan yang bisa kami laksanakan terkait pemutaran di bioskop apabila memungkinkan bisa dibuka," terang Edi Suwardi dalam diskusi virtual, Rabu 24 Juni 2020.

    "Terkait blocking seat untuk memberikan kesempatan pada masyarakat supaya bioskop yang sudah mulai dibuka ini tentunya bisa kami terapkan dengan mengikuti aturan atau protokol kesehatan yang sudah ditetapkan gugus tugas," tambahnya.

    Dari Kemenparekraf tengah menggodok regulasi untuk sektor film di tengah pandemi Covid-19. Kajian ini merujuk pada Keputusan Menkes RI No. HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

    "Kami sedang menyusun panduan bagi sektor film yang merupakan bagian dari Keputusan Menkes 382 tahun 2020 yang baru saja sebenarnya belum ada seminggu dikeluarkan, mohon support dan doanya semoga dalam waktu dekat ini kami akan meluncurkan paduan tersebut dan bisa dipergunakan para pelaku usaha film dan konsumen film," terang Joshua Simanjuntak, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif (EDPK) Kemenparekraf.

    Sebelumnya, Kemenparekraf mendukung acara Festival Film dan Serial Online dari GoPlay dan BPI. Hasil dari acara nonton sambil berdonasi itu diperuntukkan bagi pekerja film yang terdampak Covid-19. "Kami bekerja sama dengan KFT, Persatuan Karyawan Film dan Televisi Indonesia untuk menyalurkan bantuan film tersebut," terang Joshua.

    Dilansir Antara pada Minggu, jaringan bioskop CGV tengah bersiap untuk beroperasi menunggu izin dari pemerintah. Perihal keamanan, pihak bioskop akan menerapkan protokol kesehatan seperti kewajiban pengunjung menggunakan masker, pemeriksaan suhu tubuh, dan staf yang diwajibkan mengenakan alat pelindung diri (APD).

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id