Ulasan Film Onward

    Cecylia Rura - 11 Maret 2020 20:32 WIB
    Ulasan Film Onward
    Onward (Foto: Pixar)
    Jakarta: Pixar kembali merilis tayangan keluarga mengharukan setelah Coco (2017). Cerita kali ini relasi seputar kakak beradik Barley (Chris Pratt) dan Ian Lightfoot (Tom Holland) yang bekerja sama dalam kekuatan magis menemukan sosok utuh mendiang ayah mereka, Wilden Lightfoot.

    Petualangan ini bermula ketika Ian menginjak usia 16 tahun. Beranjak dewasa, Ian merasakan puncak kerinduan sosok ayah yang tak pernah ditemuinya. Ian menjadi tak percaya diri dan kerap bersikap pesimistis.

    Rupanya, Wilden Lighfoot telah mempersiapkan hadiah spesial untuk kedua putranya ketika sudah beranjak 16 tahun ke atas yakni sebuah tongkat kayu berserat, mantra, dan batu permata. Mantra ini memberi kesempatan Ian dan Barley melihat sosok utuh sang ayah dalam 24 jam.

    Sayangnya, mantra itu hanya berhasil menampakkan separuh tubuh ayahnya. Mereka harus menemukan batu pertama lain untuk mendapatkan sosok ayah mereka seutuhnya, meski itu hanya terjadi sebelum matahari terbenam.

    Sejak awal cerita telah digambarkan Barley dan Ian memiliki karakter berbeda. Masing-masing mereka mewarisi sifat Wilden Lightfoot yakni berani dan percaya diri. Perjalanan mereka diwarnai tangis, haru, dan canda. Nilai-nilai brotherhood tersirat digambarkan dalam love-hate relationship Ian dan Barley.

    Meski haru, cerita-cerita humor dari visualisasi anomali karakternya cukup mengocok perut. Karakter ibu (Julia Louis-Dreyfus) juga tak ingin menyerah memperjuangkan keinginan anaknya bersama Corey (Octavia Spencer). Semula kehadiran Corey cukup terasa hambar, tetapi pada akhir cerita rupanya memiliki kontribusi dalam misi keluarga Lightfoot.

    Perjalanan Ian dan Barley pun secara tersirat digambarkan dalam judul Onward yang secara harfiah berarti bergerak maju.

    Pada satu sisi, film Onward seperti ingin merangkum seluruh karakter manusia terkini. Meski hanya sekilas, karakter polisi Spencer, disuarakan Lena Waithe, hadir sebagai sosok LGBTQ. Karena hal ini, empat negara telah melarang penayangan Onward yakni Kuwait, Oman, Qatar, dan Arab Saudi.

    "Tidak mudah menjadi orangtua baru. Putri dari kekasih perempuanku membuatku menarik rambutku, okay?" ujar Spencer dalam dialognya bersama polisi Bronco.

    Namun, kehadirannya tak begitu ditonjolkan sebagai hal yang perlu dipermasalahkan di Indonesia. Sebab, cerita keluarga di dalamnya digambarkan dalam porsi merata dengan tujuan utama melihat Wilden Lightfoot secara utuh. Jikalau pun dipermasalahkan di Indonesia di kemudian hari, maka Lembaga Sensor Film pun perlu dipertanyakan ketika memberi klasifikasi usia Semua Umur untuk film ini.

    Onward mencoba menggambarkan situasi lumrah keluarga terkini, seperti halnya yang terjadi dalam keluarga Lightfoot yang terang-terangan menggambarkan kehadiran polisi Bronco sebagai kekasih ibu Barley dan Ian.

    Karena untuk cerita keluarga mustahil selalu berakhir bahagia, film Onward tampaknya mulai menggambarkan realita keluarga modern sekarang.

    Onward

    Sutradara: Dan Scanlon
    Penulis: Jason Headley, Dan Scanlon, Keith Bunin
    Produksi: Pixar (Kori Rae)
    Distributor: Walt Disney Pictures
    Pengisi sulih suara: Tom Holland, Chris Pratt, Julia Louis-Dreyfus, Octavia Spencer, John Ratzenberger, Ali Wong, Lena Waithe, Mel Rodiguez
    Klasifikasi LSF: Semua Umur
    Durasi: 102 menit
    Tayang di bioskop Indonesia: 4 Maret 2020

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id