Netflix dan Kemendikbud Dukung Pelatihan Sineas Indonesia di Hollywood

    Cecylia Rura - 09 Januari 2020 16:17 WIB
    Netflix dan Kemendikbud Dukung Pelatihan Sineas Indonesia di Hollywood
    Menteri Nadiem Makarim dan Managing Director Netflix Asia Pacific Kuek Yu-Chuang di Jakarta Pusat, Kamis, 9 Januari 2020. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
    Jakarta: Streaming video on demand Netflix menjalin kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mengadakan pelatihan untuk calon sineas Indonesia. Mendikbud Nadiem Makarim mendukung program ini untuk menggali potensi Indonesia.

    "Netflix skala distribusinya global, sehingga apalagi cara kita untuk menunjukkan kehebatan talenta perfilman Indonesia kalau tidak melalui Netflix baik juga film festival-festival lain tapi distribusi Netflix itu sangat besar," kata Nadiem Makarim di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Januari 2020.

    Program pelatihan Script to Screen ini berfokus sineas di bidang penulisan kreatif seperti penulis naskah dan pelatihan pasca produksi. Program ini juga terbuka untuk ide cerita film pendek bagi para peserta pelatihan.

    "Kunci kualitas dari suatu perfilman adalah peleburan dari berbagai macam profesi, baik scripwriter director, DOP (director of photography), produser dan sebagainya. Semua diawali dengan script, semua diawali dengan kerangka cerita," kata Nadiem.

    Netflix bekomitmen dengan berinvestasi sebesar 1 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp14 miliar. Nantinya 15 penulis skenario terpilih dari Indonesia dikirim ke Los Angeles sekitar bulan Maret 2020. Program ini juga serangkai dengan workshop bersama 100 penulis.

    Program Script to Screen juga mengikutsertakan sineas Indonesia berangkat ke Hollywood. Tempat ini menjadi irisan pertemuan para sineas, peserta, dan tim Netflix untuk berdiskusi seputar perfilman.

    Asosiasi Produser Film Indonesia (Aprofi) hadir sebagai mak comblang bagi Netflix dan Kemendikbud mencari calon peserta dari komunitas asosiasi pilar seperti asosiasi penulis Indonesia dan sineas lain. Dengan ini, calon peserta program sudah memiliki bekal ilmu perfilman.

    "Sepanjang yang saya sudah diberi tahu sampai saat ini adalah junior tapi yang sudah memiliki pengalaman. Jadi bukan yang nol sama sekali. Tapi nanti akan ada press conference lanjutan dari pihak Netflix," kata Sheila Timothy, produser sekaligus anggota Aprofi.

    Rangkaian kerjasama ini juga mencakup kompetisi film pendek dari Netflix dengan tema azas-azas Pancasila. Tema ini dipilih sebagai pengingat makna Pancasila seperti gotong royong, Bhinneka Tunggal Ika. Kompetisi ini berhadiah modal produksi 600 ribu dolar AS.

    "Bukan karena suruhan, udah waktunya Pancasila menjadi cool lagi. Waktunya mengerti esensi tema-tema dalam Pancsila. Bukan sila, tapi esensi," kata Nadiem Makarim.

     



    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id