Kucumbu Tubuh Indahku dan Dua Garis Biru Mendominasi Daftar Nomine FFI 2019

    Cecylia Rura - 13 November 2019 13:28 WIB
    Kucumbu Tubuh Indahku dan Dua Garis Biru Mendominasi Daftar Nomine FFI 2019
    Dua Garis Biru (Foto: Starvision Plus)
    Jakarta: Tahun ini Festival Film Indonesia diwarnai karya-karya segar dari barisan judul film panjang. Kucumbu Tubuh Indahku misalnya, mendominasi dengan 12 nomine di 11 kategori.

    Dua Garis Biru yang cukup perkasa menapaki film terlaris kedua tahun ini mendominasi dengan 12 nomine di 11 kategori. Bumi Manusia dengan 11 nomine di 11 kategori menyusul sebagai film ketiga dengan nomine terbanyak.

    Ketiga judul ini masuk dalam daftar 15 film terlaris tahun 2019. Masing-masing dari judul memiliki pahlawannya dengan idola fanatik, seperti Iqbaal Ramadhan dalam Bumi Manusia, Zara JKT48 dalam Dua Garis Biru dan Keluarga Cemara.

    Pergerakan Zara JKT48 tahun ini terbilang pesat sejak memulai debutnya sebagai Disa (adik Dilan) dalam Dilan 1990 (2018). Eksistensi Zara JKT48 sebagai debut aktor dibuktikan dengan empat judul film yang dibintanginya mampu meraih angka jutaan penonton.

    Dua Garis Biru juga mencatat momentum debut Gina S. Noer menyutradarai film panjang. Sebelumnya, pasangan dari penulis Salman Aristo itu kerap duduk di bangku penulis naskah untuk film-film box office.

    Dua judul film festival, 27 Steps of May dan Kucumbu Tubuh Indahku tak bisa disepelekan. Meski terdepak dalam daftar film terlaris, kedua judul film ini mondar-mandir di beberapa festival film Bergengsi.

    Film 27 Steps of May ditayangkan di Busan International Film Festival dan A Window on Asian Cinema. Film ini juga ikut seleksi resmi Cape Town International Film Market and Festival pada Oktober 2018.

    Sebelum akhirnya tayang secara komersial, film yang dibintangi Raihaanun ini tayang di Jogja-NETPAC Asia Film Festval 13 dan memeroleh Golden Hanoman Award.  Awal tahun ini, 27 Steps of May dan Kucumbu Tubuh Indahku tayang di Goteborg 2019.

    Kucumbu Tubuh Indahku menalami batu sandungan karena muatan konten yang dipandang mengandung budaya penyuka sesama jenis atau LGBT. Tak jarang pemutaran film tersebut pun masih dicekal oleh sejumlah ormas. Hal itu disanggah dengan terpilihnya karya sutradara Garin Nugroho melaju sebagai wakil dari Indonesia dalam Oscar 2020.

    Tahun ini ada 21 kategori yang mask dalam FFI 2019. Daftar film yang berhak mengikuti seleksi ini memiliki ketentuan telah diputar secara umum, berbayar, atau penayangan khusus pada 1 Oktober 2018 hingga 30 September 2019.

    Malam pembacaan nominasi Festival Film Indonesia telah dilangsungkan pada Senin, 12 November 2019 di La Moda, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Malam puncak perhelatan FFI bakal digelar pada 12 Desember 2019 di Tribrata, Jakarta Selatan.



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id