Humba Dreams Karya Riri Riza Diputar di Festival Film Shanghai

    Cecylia Rura - 15 Juni 2019 15:46 WIB
    Humba Dreams Karya Riri Riza Diputar di Festival Film Shanghai
    Dokumentasi Riri Riza mengerjakan Humba Dreams. (Foto: Miles Films)
    Jakarta: Dokumentasi catatan harian Riri Riza tentang Sumba Timur dalam film Humba Dreams akan diputar di Shanghai International Film Festival. Pemutaran film ini menjadi satu rangkaian dengan pameran instalasi EAST HUMBA (UN)EXPOSED dan Jurnal HUMBA IN MY DREAMS, dilakukan selama tiga hari pada 17, 21, dan 22 Juni 2019.

    Humba adalah nama lain dari Sumba, berkisah tentang mahasiswa sekolah film Jakarta asal Sumba bernama Martin (J.S. Khairen) yang gelisah dan ingin pulang ke kampung halaman. Martin diberikan gulungan film 16mm oleh mendiang ayahnya. Ibu Martin memintanya untuk mencari bahan kimia yang bisa memproses film itu di tanah Humba. Perjalanan Martin diselingi kehadiran Ana (Ully Triani), perempuan yang membuat Martin jatuh hati dan menjadi jawaban atas kegelisahannya.

    Kisah Martin berangkat dari kenangan dan catatan pribadi Riri Riza terhadap Sumba.

    "Cerita Humba berkembang dari kumpulan kenangan saya terhadap Sumba dalam cerita perjalanan seorang pemuda menuju kedewasaannya," ungkap Riri Riza di Jakarta.

    Pengalaman terhadap Sumba dituangkan Riri dalam medium film dan menjadi gagasan lanjutan setelah beberapa daerah lain seperti Sulawesi dan Timor.

    "Bagi saya, film ini juga merupakan sebuah apresiasi terhadap hal-hal yang masih dapat kita sentuh, seperti film seluloid, buku, catatan lama, dan foto. Karena terlalu banyak hal di era digital sekarang ini mudah direkam, dibagikan, tapi cepat dilupakan," lanjut Riri.

    Pemutaran Humba Dreams di Shanghai International Film Festival rencananya dihadiri Riri Riza bersama Mira Lesmana dan Ully Triani. Setelah Shanghai, Humba Dreams akan hadir dalam pameran instalasi "EAST HUMBA (UN)EXPOSED" dalam acara ArtJog MMXIX di Yogyakarta, disertai pemutaran Humba Dreams untuk umum pada Juli-Agustus 2019. Selebrasi Humba Dreams berlanjut dalam jurnal HUMBA IN MY DREAMS berisi kumpulan foto dan tulisan Riri Riza.

    Humba Dreams sebelumnya telah memenangkan CJ Entertainment Award di Asian Project Market (APM) Busan International Film Festival pada 2017.
     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id