Putar Film Tanpa Izin, Driven-in Cinema Meikarta Minta Maaf

    Dhaifurrakhman Abas - 03 Juni 2020 21:12 WIB
    Putar Film Tanpa Izin, Driven-in Cinema Meikarta Minta Maaf
    Driven-in Cinema Meikarta
    Jakarta: Produser Chand Parwez, mengatakan Meikarta sudah meminta maaf terkait penayangan ilegal film Starvision di Sky Parking Distric 1, Meikarta, Cikarang, Jawa Barat.

    "Sudah disampaikan secara lisan," kata Chand ketika berbincang dengan Medcom.id, Rabu 3 Juni 2020.

    Chand mengatakan, secara pribadi dirinya bisa menerima permintaan maaf yang dilontarkan Meikarta. Hanya saja proses hukum terkait pemutaran film secara ilegal kemungkinan akan dilanjutkan.

    "Secara pribadi bisa diterima. Tapi saya bagian dari asosiasi. Secara asosiasi tentu ada pertimbangan lain. Kami menunggu surat tertulisnya. Kemudian akan didiskusikan di asosiasi," papar dia.

    Dalam kasus ini, Meikarta diduga melanggar UU Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta. Terutama Pasal 9 huruf h, yaitu terkait komunikasi ciptaan dan izin komersial. Meikarta bisa dikenai sanksi pidana penjara paling lama tiga tahun dan atau pidana denda paling banyak Rp500 juta.

    Sebelumnya diberitakan, Produser Starvision, Chand Parwez, berang. Pasalnya,  film garapan perusahaannya berjudul Susah Sinyal secara ilegal di Drive-in Cinema di Sky Parking Distric 1, Meikarta, Cikarang, Jawa Barat.

    “Benar (ada penayangan ilegal),” kata Chand Parwez.

    Tak hanya Susah Sinyal, beberapa film turut diputar di antaranya Avengers, Mission: Impossible, Dilan, Si Doel The Movie dan Gundala. Chand pun mengaku sangat menyesalkan tindakan ilegal yang dilakukan Meikarta.

    “Saya baru mendapat kabar ini, dan tidak menyangka perusahaan sebesar itu melakukan tindakan yang tidak terpuji,” papar dia.

    Chand mengatakan, dirinya sebetulnya mendukung inovasi drive in cinema semasa pandemi virus korona. Asalkan hal itu dilakukan sesuai dengan izin dan aturan yang berlaku.

    "Kami menyambut baik apa pun bentuknya, baik itu Drive In Cinema atau exhibition film asal semua dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar. Kami sangat kooperatif, bisa bekerja sama dengan siapapun asal semua sesuai dengan prosedur,” tandas Chand.

     

    (ELG)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id