comscore

Film You and I Ceritakan Makna Persahabatan Tahanan Politik

Gervin Nathaniel Purba - 06 Mei 2021 16:06 WIB
Film <i>You and I</i> Ceritakan Makna Persahabatan Tahanan Politik
FIlm dokumenter You and I telah memenangi sejumlah penghargaan internasional. (Foto: Dok.)
Jakarta: Film dokumenter, You and I, menyoroti persahabatan antara Kusdalini dan Kaminah yang telah terjain lebih dari 50 tahun. Persahabatan mereka terbilang cukup unik. Sebab, mereka memulai persahabatan sejak sama-sama menjadi tahanan.

Kusdalini dan Kaminah adalah mantan tahanan politik pada 1965. Dengan menonton film ini, akan membawa kita pada kenyataan, bahwa ada orang-orang seperti mereka yang berjuang melawan ketidakadilan pada masa lalu. 
Film ini digarap selama hampir empat tahun. Sutradara film tersebut, Fanny Chotimah, mengaku butuh waktu bertahun-tahun untuk mengenal sosok Kusdalini dan Kaminah sebelum mengangkat kisah mereka ke dalam film.

Berkat hasil pengenalan yang berjalan mengalir, film You and I pun terasa natural. Memotret kisah yang tidak dibuat-buat. Tidak heran film ini bisa menyentuh hati banyak penonton dan membuatnya memenangkan sejumlah penghargaan. 

Fanny Chotimah juga sukses mengangkat keseharian keduanya menjadi lebih humanis dan menyentuh hati penonton. 

Dari film You and I, penonton bisa belajar bagaimana dua manusia bisa saling setia dan mendampingi. Hal ini bisa dilihat ketika Kaminah tidak diterima lagi di keluarganya, namun Kusdalini yang menerimanya. 

Di masa senja, ketika Kusdalini digerogoti sakit demensia, Kaminah dengan setia mendampingi dan merawatnya. Persahabatan mereka mengajarkan penonton tentang kesetiaan yang sesungguhnya.

Sayangnya, Kusdalini dan Kaminah tidak bisa menyaksikan film ini ketika dirilis. Kusdalini meninggal pada 2017. Sedangkan Kaminah meninggal setahun kemudian. 

Mendapat Penghargaan Internasional

Film You and I perdana tayang di Copenhagen International Documentary Film Festival, Denmark. Selain itu, film ini memenangkan kategori Next: Wave Award. 

Tidak hanya itu saja. Film ini juga mendulang sukses setelah memenangkan penghargaan dari Asian Perspective Award dari 12th DMZ International Documentary Film Festival, Asian Vision dari Singapore International Film Festival 2020.

Di dalam negeri, film You and I juga memenangkan Film Dokumenter Panjang Terbaik dari Festival Film Indonesia 2020.

Untuk kamu yang ingin menyaksikan film ini, bisa melalui situs www.bioskoponline.com atau lewat aplikasi Bioskop Online, yang bisa diunduh di App Store dan Google Play Store.


(ROS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id