Serial Animasi 'Ini Budi' Ingin Ajarkan Anak Toleransi Sejak Dini

    Elang Riki Yanuar - 06 April 2021 08:00 WIB
    Serial Animasi 'Ini Budi' Ingin Ajarkan Anak Toleransi Sejak Dini
    Serial Ini Budi (Foto: dok. ParagonPictures)



    Jakarta: Rumah produksi Paragon Pictures bersama Ideosource Entertainment dan Inibudi.org menyiapkan serial animasi berjudul Ini Budi. Serial ini membawa misi ingin mengajarkan anak-anak kebinekaan dan sikap toleran sejak dini.

    Serial Ini Budi bercerita tentang persahabatan lima anak yaitu, Budi, Iwan, Wati, Beta, dan Ni Luh. Para bocah berusia 9 tahun ini berasal dari suku, budaya, status sosial hingga agama berbeda. Keragaman inilah yang akan ditonjolkan serial Ini Budi.






    Selain itu, ada sosok ibu Nur pemilik warung yang selalu dijadikan Budi dan kawan-kawannya tempat istirahat usai mereka bermain di lapangan kecamatan Bumi Damai Indah.

    "Alasan utama lahirnya 'Ini Budi' adalah perlunya pengetahuan tentang keberagaman, toleransi dan kebhinekaan dari sejak usia dini. Keunikan Indonesia adalah keberagamannya. Sayangnya kita belum mempunyai idola anak yang memberikan contoh bagaimana keberagaman tersebut sebenarnya membuat kehidupan jadi jauh lebih berwarna dan saling melengkapi," kata Produser Paragon Pictures, Ellen Xie.

    Kehadiran serial Ini Budi diharapkan menjadi idola baru anak-anak Indonesia. Berkat alasan itu pula. Indika Foundation turut mendukung penuh serial animasi Ini Budi.

    "Pertama, hadirnya sosok anak-anak yang walau datang dari latar belakang yang beragam, namun dapat berteman dengan asyiknya. Berteman baik tanpa memandang latarbelakang ini menjadi isu yang belakangan kita rindukan terjadi di Indonesia. Kedua, dalam ceritanya memuat nilai-nilai baik seperti empati, tidak berburuk sangka, hingga toleransi," jelas Ayu Kartika Dewi, Managing Director Indika Foundation.

    Serial Animasi 'Ini Budi' Ingin Ajarkan Anak Toleransi Sejak Dini

    Serial animasi Ini Budi dapat disaksikan secara gratis melalui akun instagram @kartuninibudi dan chanel Youtube Kartun Ini Budi pada 13 April 2021. Serial ini bakal terdiri dari 24 episode.

    "Nanti akan hadir 24 episode yang tayang di Instagram dan Youtube jadi berdurasi pendek. Episode finalnya akan tayang di Hari Anak, 23 Juli. Proses produksi lumayan panjang, persiapannya dari setahun lalu," ucap Ellen.

    Judul Ini Budi diambil dari nama yang telah melegenda di buku pelajaran bahasa Indonesia era tahun 1980-an. Najeela Shihab dari Inibudi.Org berharap serial Ini Budi bisa menyampaikan pesan-pesan mendidik kepada anak-anak. Terutama agar anak-anak dilatih mengembangkan empatinya.

    “Saya yakin kita semua percaya pada kekuatan cerita. Lewat film apalagi film animasi, anak-anak dipaparkan dengan situasi-situasi yang belum tentu dialami sehari-hari tapi sebetulnya penuh dengan nilai-nilai positif. Dengan serial Ini Budi ini, anak-anak dilatih untuk mengembangkan empati, untuk berjumpa dengan berbagai karakter yang menambah keluasan sudut pandangnya, untuk mengenal indonesia dengan segala keunikan dan keragamannya," jelas Najeela.

    Serial Ini Budi menghadirkan sejumlah anak sebagai pengisi suara, sedangkan suara Ibu Nur diisi oleh Inul Daratista. Ini Budi disutradarai oleh komikus Iskandar Salim.

    "Karena film animasi anak di Indonesia masih sangat kurang, apalagi yang bertema tentang kebhinekaan. Aku senang terlibat, di sini. Karena serial animasi ini bisa mengedukasi anak-anak kita tentang kebhinekaan di Indonesia," kata Inul.

     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id