Alasan Rano Karno Melanjutkan Doel dalam Film Trilogi

    Cecylia Rura - 26 Mei 2019 15:49 WIB
    Alasan Rano Karno Melanjutkan Doel dalam Film Trilogi
    jumpa pers usai Gala Premier Si Doel The Movie 2 di CGV Grand Indonesia (Foto: Cecylia/Medcom.id)
    Jakarta: Doel dikenal sebagai figur anak sekolahan sejak era 1990-an. Mulai dari benturan kultur hingga percintaan, serial ini melahirkan penggemar fanatik yang penasaran dengan kisah lanjutan dari Doel.

    Serial ini berhenti di awal tahun 2000-an dan Rano Karno memutuskan terjun ke dunia politik hingga vakum di dunia hiburan selama 10 tahun. Doel kemudian dilanjutkan dalam versi film trilogi sejak banyak permintaan, termasuk Aminah Cendrakasih, pemeran Mak Nyak dalam serial Doel.
    "Dari Si Doel pertama yang membuat saya tersadar harus segera bikin itu adalah dari ucapan Nyak (Aminah Cendrakasih). 'Doel, cepet bikin Si Doel, mumpung Nyak masih ada'. Kaget saya Nyak ngomong begitu. Yang tahu kondisi Nyak kan Nyak sendiri," cerita Rano Karno di Jakarta Pusat, Sabtu, 25 Mei 2019.

    Amanat itu kemudian diteruskan Doel bermodalkan adegan bersama Aminah Cendrakasih tanpa skenario. Aminah menjalani syuting dalam keadaan lumpuh dan buta akibat glukoma. Kendati demikian, dia masih bisa menghapalkan dialog dibantu sang cucu. Menurut penuturan Rano Karno, dari beberapa kali pengambilan adegan Aminah Cendrakasih, dia selalu mengambil yang pertama.

    "Yang kedua dan ketiga secara psikologi dia sudah terganggu," kata Rano.

    Rano Karno mengaku tidak jarang mendapat pertanyaan alasan masih mengajak Aminah Cendrakasih yang kini berusia senja dan sakit terlibat film trologi Doel. Selain permintaan dari Aminah sendiri, keterlibatannya adalah bentuk profesionalitas sebagai seniman.

    "Kalau saya enggak ajak malah lebih kasihan. Nyak ini enggak hanya perlu duit, tapi dia perlu pengakuan. Itulah konsistensi sebagai seorang artis. Nyak ini dialognya panjang-panjang, tapi buat saya dia main luar biasa. Itulah kemampuan paara senior," kata Rano.

    "Artinya pertimbangan itu membuat saya menulis enggak bisa gampang, saya melihat situasi kondisinya," lanjutnya.

    Si Doel The Movie pertama sukses ditayangkan pada 2 Agustus 2018 dan sempat menggelar premiere di Belanda pada 23 Juli 2018. Si Doel The Movie 2 akan tayang pada 4 Juni 2019 meramaikan momen lebaran.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id