Sineas Indonesia Diundang Gabung Akademi Penyelenggara Oscar

    Cecylia Rura - 01 Juli 2020 13:12 WIB
    Sineas Indonesia Diundang Gabung Akademi Penyelenggara Oscar
    Patung Oscar (Foto: AFP/Mark Ralston)
    Jakarta: The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) mengundang 819 seniman dan eksekutif menjadi anggota The Academy pada 2020. Satu di antaranya sineas asal Indonesia, Amelia Hapsari.

    Dikutip dari Variety, nama Amelia Hapsari masuk dalam kelompok Dokumenter. Amelia Hapsari dikenal memproduseri film pendek dokumenter Rising from Silence dan sutradara film dokumenter Fight Like Ahok. Amelia juga mengemban peran sebagai Direktur Program In-Docs, lembaga nirlaba dokumenter di Indonesia.

    "The Academy dengan senang hati menyambut rekan-rekan. Kami selalu merangkul talenta luar biasa yang mencerminkan kekayaan keberagaman dalam komunitas film kami," terang David Rubin, Presiden The Academy dalam situs resmi Oscar, Selasa.

    Selain Amelia Hapsari, nama-nama sineas dan kru dari Asia yakni aktor film Crazy Rich Asians Constance Wu, Awkwafina, pemain film Parasite Choi Woo Shik, Jang Hye Jin, Jo Yeo Jeong, Lee Jung Eun, dan Park So Dam turut diundang.

    Kru film Parasite, Choi Seyeon, Yang Jinmo, Jung Jae Il, Lee Ha Jun yang sempat bergabung dengan Bong Joon Ho untuk Okja, Choi Tae Young, penulis Han Jin Won, dan produser Kwak Sin Ae juga diundang. Sebelumnya, aktor Song Kang Ho dan sutradara Bong Joon Ho lebih dulu bergabung The Academy pada 2015. 

    "Kami berharap dapat terus membina The Academy yang mencerminkan dunia sekitar dalam keanggotaan kita, program kita, museum baru kita, dan penghargaan kita," terang Dawn Hudson, CEO The Academy.

    Apresiasi tahunan untuk para seniman di Oscar 2021 yang digelar AMPAS memundurkan jadwal ke 25 April 2021, serta pembacaan nominasi ke 15 Maret 2021.

    Jadwal film panjang yang diikutsertakan dalam Oscar ikut dilonggarkan. Film panjang boleh ikut serta Oscar 2021 dalam rentang rilisan 1 Januari 2020 hingga 28 Februari 2021.

    Pendaftaran kategori umum di Oscar 2021 dibatasi hingga 15 Januari 2021. Pendaftaran film panjang animasi, film pendek animasi, film panjang dokumenter, film pendek dokumenter, film panjang internasional, dan film pendek live-action selambat-lambatnya 1 Desember 2020.





    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id