Riri Riza: Kita Bisa Belajar Banyak dari Perfilman Prancis

    Agustinus Shindu Alpito - 30 Maret 2017 13:41 WIB
    Riri Riza: Kita Bisa Belajar Banyak dari Perfilman Prancis
    Riri Riza (Foto: youtube)
    medcom.id, Jakarta: Indonesia dan Prancis telah sepakat untuk saling memberdayakan bidang cipta kreatif, termasuk fesyen, dan film. Kesepatakan ini praktis memberi banyak manfaat bagi kedua belah pihak.

    Sutradara Riri Riza yang hadir dalam deklarasi bilateral Indonesia-Prancis, di Hotel Harris, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017), mengatakan bahwa banyak sekali hal yang bisa kita pelajari dari dunia sinema di Prancis.

    “Kita bisa belajar banyak, misal di Prancis pendanaan film diatur dengan sangat baik. Biaya yang dihasilkan, pajak film dan tontonan dikembalikan untuk memajukan perfilman. Tidak ada pemisahan antara film artistik atau komersial semua dibangun bersama-sama untuk membangun ekosistem perfilman yang sehat,” kata sutradara Ada Apa Dengan Cinta 2 itu.

    Meski bisa menjadikan Prancis sebagai rekan dalam menimba ilmu, Riri menegaskan bukan berarti kita mengeliminasi kekayaan konten lokal dalam film-film Indonesia.

    “Spiritnya kita bisa belajar dari Prancis, baik Indonesia dan Prancis sama-sama merasa film bukan hanya produk komersial. Soal visi itu kita sama, tetapi untuk bagaimana konten filmnya tentu berbeda, di Indonesia kita berhadapan dengan tantangan-tantangan, entah sensor atau kontrol ekspresi.”

    Dengan adanya kerjasama ini, Riri optimis akan membawa dampak positif, terlebih para sineas muda memiliki spirit yang luar biasa untuk memajukkan perfilman nasional.

    Melihat ke belakang, para sutradara Indonesia pun juga memiliki kiprah tersendiri di panggung internasional, buah dari keseriusan sutradara Indonesia di bidang perfilman.

    “Saya rasa pekerja film Indonesia sudah bekerja dengan baik, para pembuat film kita sejak lama sudah bicara di panggung internasional, mulai dari era Usmar Ismail, Garin Nugroho, Mouly Surya, Wregas Bhanuteja, semua bekerja keras dan memahami pasar perfilman,” lanjut Riri.

    Saat ini Riri sedang fokus mengerjakan film biopik Chairil Anwar. Dalam kesempatan yang sama, Riri juga memastikan film Ada Apa Dengan Cinta akan kembali diteruskan, dan kemungkinan dirilis pada tahun 2019.



     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id