Disebut Propaganda oleh Ketua KPI, Ini 5 Fakta Menarik Upin & Ipin

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 14 September 2021 12:41 WIB
    Disebut Propaganda oleh Ketua KPI, Ini 5 Fakta Menarik Upin & Ipin
    Serial kartun Upin dan Ipin (Instagram @upinipinofficial)



    Jakarta: Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Agung Suprio menyebut kartun Upin Ipin merupakan propaganda Malaysia. Hal tersebut disampaikan Agung dalam acara podcast bersama Deddy Corbuzier.

    "Upin dan Ipin saja katanya dari Indonesia yang buat itu. Upin dan Ipin itu disubsidi oleh Pemerintah Malaysia. Propaganda pada akhirnya. Kita harus bicara strategi kebudayaan dalam pengertian luas pada akhirnya," kata Agung.

     



    Pernyataan Ketua KPI itu pun dibantah oleh pihak Upin & Ipin. Menurut mereka, meski diproduksi Malaysia, serial animasi itu begitu populer di negara lain, termasuk Indonesia. Nyatanya, Upin dan Ipin banyak mengajarkan anak-anak nilai kehidupan.

    "Tidak dapat disangkal bahwa 'Upin dan Ipin' sangat populer di kalangan anak-anak di Malaysia dan beberapa negara di kawasan ini. Namun, pada akhirnya, ini adalah acara yang membawa begitu banyak nilai moral sekaligus pelajaran hidup," tulis akun @upinipinofficial, Senin, 13 September 2021.

    Mereka menegaskan kartun Upin dan Ipin tidak menyelipkan propaganda khusus seputar Malaysia. Sebagai kartun anak-anak, Upin dan Ipin tidak memiliki niat untuk mencuci otak para penontonnya.
     
    "Ini sebenarnya bukan propaganda. Ini hanya pertunjukan hebat dengan niat besar," ungkap mereka.

    Berikut lima fakta serial animasi Upin & Ipin.

    1. Nama lengkap Upin dan Ipin

    Dikenal dengan Upin dan Ipin, dua karakter ini sejatinya memiliki nama lengkap. Nama lengkap Upin adalah Aruffin Bin Abdul Salam. Sedangkan, nama lengkap Ipin adalah Ariffin Bin Abdul Salam.

    2. Karakter kembar

    Karakter Upin dan Ipin dibuat kembar ini bukan tanpa maksud. Karakter Upin dan Ipin dibuat kembar karena mencerminkan karakter Malaysia. Ini menunjukkan Malaysia sebagai negara kembar Sabah dan Sarawak

    3. Alasan Upin dan Ipin botak

    Alasan karakter kembar itu dibuat botak itu untuk menghemat biaya produksi. Sebab, jika keduanya dibuat berambut maka proses render akan semakin lama. Hal tersebut membutuhkan perangkat untuk melakukan render dengan cepat, sehingga memakan biaya lebih.

    4. Upin dan Ipin berambut

    Meski sangat lekat dengan karakter botak, Upin dan Ipin pada musim terbaru diceritakan mempunyai rambut. Upin berambut memiliki rambut kribo sedangkan Ipin berambut lurus.

    5. Soundtrack diisi musisi Indonesia

    Soundtrack pembuka serial kartun ini pernah diisi oleh musisi asal Indonesia yakni Padi. Padi membawakan “Sahabat Selamanya”.



     

    (RUL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id