Didukung Ekosistem Kuat, GoPlay Optimistis Angkat Potensi Film

    Gervin Nathaniel Purba - 11 Desember 2019 13:50 WIB
    Didukung Ekosistem Kuat, GoPlay Optimistis Angkat Potensi Film
    CEO Gojek Entertainment Group (GoPlay) Edy Sulistyo (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
    Singapura: Industri perfilman Indonesia dalam lima tahun terakhir tumbuh pesat. Kondisi ini menjadikan Indonesia pasar potensial.

    Dilansir Bekraf.go.id, pertumbuhan signifikan tampak pada peningkatan jumlah layar dan bioskop. Pada 2012, Indonesia hanya memiliki 145 bioskop dengan 609 layar. 

    Jumlah tersebut meningkat tajam menjadi 343 bioskop dengan 1.756 layar pada Desember 2018. Itu berarti dalam enam tahun terakhir, jumlah bioskop bertambah hingga 136,5 persen dan jumlah layar bertambah hingga 188,34 persen. Tercatat hingga Desember 2018, bioskop tersebar di 32 provinsi di Indonesia. 

    Pesatnya pertumbuhan industri film tersebut tak lepas dari faktor populasi dan kebijakan pemerintah yang mendukung investor asing untuk membiayai produksi film.

    Melihat potensi tersebut Gojek Entertainment Group melalui GoPlay terjun memetik peluang. GoPlay resmi dirilis pada September 2019.

    "Kami putuskan masuk ke streaming. Kami melihat jika menggunakan streaming, apalagi dengan ekosistem Gojek, kami bisa membantu mendistribusikan konten lokal berkualitas dengan lebih cepat," ujar CEO Gojek Entertainment Group (GoPlay) Edy Sulistyo, ditemui pada acara Singapore Media Festival (SMF), di Marina Bay Sands, Singapura, belum lama ini.

    Semangat GoPlay ialah ingin mengangkat film Indonesia agar makin dikenal, tak hanya dalam negeri namun juga dunia. Edy memandang kualitas film Indonesia meningkat pesat dan mampu berkompetisi dengan film internasional.

    "Kalau kita tidak kasih tahu segini kerennya film Indonesia, kan sayang. Kami ingin mengangkat para sineas berbakat menuju ke tahap selanjutnya," ujar Edy.

    GoPlay fokus menyediakan film-film Indonesia. Dalam menyajikan film di platform, GoPlay memilih berdasarkan keinginan konsumen. 

    Berbagai jenis film disajikan GoPlay. Mulai dari film Indonesia yang pernah ditayangkan di bioskop, serial TV premium, hingga film lokal yang baru diproduksi oleh para sineas muda dengan kualitas baik.

    "Film-film yang kita dukung diharapkan bisa menembus box office. Kami menggunakan platform ini untuk membantu mengekspos berbagai film karya bangsa terhadap jutaan orang di Indonesia," kata Edy.

    GoPlay bisa digunakan jika pengguna sudah mengunduh aplikasi Gojek. Sejauh ini, Gojek mengantongi lebih dari 155 juta unduhan. Jumlah tersebut cukup besar untuk digarap.

    "Dengan Gojek yang sudah diunduh lebih dari 155 juta unduhan, punya ekosistem dua juta transfer, dan merchant kami ada 500 ribu, itu semua menjadi ekosistem untuk semakin mengoptimalkan industri film Indonesia," kata Edy.

    Edy berharap kehadiran GoPlay dapat berkontribusi meningkatkan industri perfilman Indonesia. "Kami optimistis film-film Indonesia dapat berjaya dalam lima tahun ke depan," ucapnya.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id