Ulasan Film Countdown

    Cecylia Rura - 26 Oktober 2019 19:11 WIB
    Ulasan Film Countdown
    Elizabeth Lail dalam film Countdown. (Foto: STX Entertainment)
    Jakarta: Mati itu pasti. Sebuah pesan pengingat dari film Countdown yang disampaikan melalui aplikasi. Selaras dengan terjemahan harfiahnya, menghitung mundur waktu ditafsirkan sebagai sisa hidup yang dimiliki seseorang di dunia.

    Quinn Harris, seorang suster magang di rumah sakit terperangkap dalam satu token aplikasi Countdown yang menghitung mundur sisa hidupnya. Aplikasi itu mendeteksi nyawa Quinn Harris kurang dari 24 jam.

    Mengangkat tema aplikasi menempel pada gaya hidup 4.0 seperti sekarang. Industri digital kini bebas mengakses informasi, bahkan mendeteksi gaya hidup pengguna smartphone. Ponsel kini sebagai pengganti dompet, memuat identitas.

    Smartphone yang dilengkapi dengan mikrofon, kamera, dan memuat aplikasi data pribadi menjadi paket lengkap untuk mendeteksi siapa panggunanya. Tindak tanduknya membuat penonton ikut parno melihat aplikasi Countdown.

    Sepanjang cerita tak melulu dibuat tegang. Romantisasi cerita keluarga dan asmara sedikit memberi ruang penonton untuk rileks. Ada jeda untuk 'bernapas'.

    Salah satu obrolan internal dalam suatu circle pergaulan yang pasti pernah diperbincangkan, bagaimana Instagram mengetahui kegemaran dan keinginan penggunanya? Film Countdown seperti ingin mengimplementasikan tafsiran itu.

    Sudut pandang menarik lain dari film ini, manusia menangkal apa yang mereka peroleh dari aplikasi dengan kekuatan spiritual. Jelas kedua hal ini tak linear. Selain kekuatan spiritual dan teknologi, unsur lain yang dilibatkan adalah supranatural dan zat kimia.

    Tafsiran pesan dalam film ini sedikit campur aduk. Bikin parno dan bergidik dengan jump scare. Sebuah pesan pasti, penulis sekaligus sutradara Justin Dec seperti ingin menyampaikan pesan bahwa kita hidup di dunia digital, rawan akan berita bohong alias hoaks.

    Aplikasi Countdown membawa penggunanya merasakan sensasi hidup di tengah pemberitaan hoaks. Bermain dengan hoaks seperti bermain dengan petaka. Ibarat pepatah mulutmu harimaumu, kini selaras dengan jemarimu harimaumu.

    Film Countdown

    Sutradara: Justin Dec
    Penulis: Justin Dec
    Produser: John Rickard, Zack Schiller, Sean Anders, John Morris
    Pemain: Elizabeth Lail, Jordan Calloway, Talitha Eliana Bateman, Peter Facinelli, Tom Segura
    Klasifikasi LSF: 13+
    Rilis di bioskop Indonesia: 25 Oktober 2019


     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id