comscore

Badik The Movie, Film Sarat Unsur Budaya dan Kearifan Lokal Bugis Makassar

Agustinus Shindu Alpito - 13 Januari 2022 13:18 WIB
Badik The Movie, Film Sarat Unsur Budaya dan Kearifan Lokal Bugis Makassar
Badik The Movie (Foto: Facebook Badik The Movie)
Makassar: 2022 tampaknya memberi angin segar bagi penggemar film-film Indonesia. Setelah beberapa film-film Indonesia berjaya di festival dunia dalam beberapa bulan terakhir, film bernuansa kearifan dan budaya lokal pun bermunculan. Film Badik The Movie yang mengangkat budaya dan kearifan lokal Makassar salah satunya. Film ini juga mengangkat badik sebagai senjata dan simbol ksatria orang Bugis-Makassar.

Produser film Badik The Movie, Faisal, mengatakan bahwa film ini sebagai salah satu cara untuk menggali ke dalam kekayaan budaya yang sarat unsur lokalitas, dan jadi medium ekspresi seni yang tak lekat dengan akar budaya. Hal ini dinilai penting di tengah gerusan budaya Barat. Film ini diproduksi Faisal bersama Manggala Cinema.
"Badik adalah salah satu senjata andalan peninggalan budaya. Bahkan, sempat diklaim negeri tetangga. Maka dari itu kami merasa terpanggil untuk memperkenalkan kepada dunia bahwa Badik adalah warisan budaya dari Sulsel," kata Faisal, dilansir dari Antara.

Film ini berkisah tentang kakak-beradik, Unru dan Badik. Mereka adalah anak guru silat yang ada di pelosok Makassar. Meski belum ada jadwal tayang yang pasti, film ini direncanakan tayang pada tahun ini.
  
Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Moh Ramdhan Pomanto turut memberikan komentar terkait film ini. Menurutnya, Badik The Movie berpotensi menarik penonton-penonton lokal karena unsur budaya dalam film yang lekat dengan masyarakat Makassar.

"Alhamdulillah, tadi saya lihat trailer-nya bagus. Ini terbukti kerja-kerjanya serius. Saya yakin film yang mengangkat budaya Kota Makassar ini memiliki banyak penonton," tukas Ramdhan saat menerima kunjungan tim produksi film Badik The Movie/
   


(ASA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id