comscore

Dokumenter Persahabatan Manusia dan Gurita Menangkan Piala Oscar

Sunnaholomi Halakrispen - 26 April 2021 13:56 WIB
Dokumenter Persahabatan Manusia dan Gurita Menangkan Piala Oscar
Film My Octopus Teacher (Foto: netflix)
Jakarta: Salah satu film Netflix, My Octopus Teacher, meraih best documentary feature dalam ajang Piala Oscar tahun ini. Sutradara Pippa Ehrlich pun mengucapkan terima kasih karena film garapannya terpilih sebagai dokumenter terbaik di Academy Awards ke-93.

"Kami ingin berterima kasih kepada Netflix karena memungkinkan kami berbagi cerita dengan dunia. Terima kasih juga kepada tim Octopus yang luar biasa, yang lengannya terentang di seluruh planet, dari Afrika Selatan ke Amsterdam, ke Inggris, ke AS," ucapnya saat menerima penghargaan.
My Octopus Teacher mengalahkan film dokumenter Netflix lainnya, yakni Crip Camp. Juga bersaing dengan Time (Amazon Studios), The Mole Agent (Gravitas Ventures), dan Collective (Magnolia Pictures).

Film garapan Pippa Ehrlich dan James Reed ini menceritakan kisah Craig Foster sebagai pembuat film sekaligus penyelam. Ia berteman dengan gurita cephalopoda karena setiap hari menyelam di lepas pantai Afrika Selatan.

Film ini merupakan kisah mengharukan tentang persahabatan manusia-gurita. Foster mengamati gurita betina itu di Great African Seaforest, menyaksikan bagaimana gurita berjuang mengakali mangsa dan predator.

Di sisi lain, My Octopus Teacher telah menorehkan sejarah untuk kemenangan langka film dokukentar alam dalam beberapa dekade terakhir. Pada tahun 1950-an, film dokumenter alam mendominasi daftar pemenang Oscar dengan film nonfiksi. Tetapi, film tentang alam terbaru yang memenangkan dokumenter terbaik adalah March of The Penguins pada Piala Oscar tahun 2005.

Netflix sendiri memenangkan penghargaan dokumenter terbaik tahun lalu untuk film American Factory. Kemenangan pada kategori yang sama juga diraih pada tahun 2018 untuk film Icarus.

(ELG)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id