5 Film Ini Cocok untuk Peringati Hari Guru Nasional

    Medcom - 25 November 2021 14:47 WIB
    5 Film Ini Cocok untuk Peringati Hari Guru Nasional
    Film Guru Guru Gokil (Foto: dok. base entertainment)



    Jakarta: Hari guru nasional biasa dirayakan setiap tanggal 25 November. Pemilihan tanggal itu bertepatan dengan ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan dipandang sebagai upaya untuk mewujudkan penghormatan kepada guru.

    Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk menghormati jasa para guru. Ada yang menghormatinya dengan memberi ucapan atau hadiah, menyanyikan atau menciptakan sebuah lagu, hingga membuat sebuah karya seni lainnya dengan tema guru. Ada pula beberapa seniman yang menyalurkan karyanya lewat film guna menghargai jasa para guru.

     



    Film bertemakan guru bukan hanya sebagai hiburan, tetapi juga dapat digunakan sebagai sarana untuk menghargai jasa para pahlawan tanpa jasa itu.

    Berikut lima film bertemakan guru yang cocok untuk ditonton dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional:

    1. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

    Film karya sutradara Garin Nugroho ini berlatar belakang di Indonesia pada tahun 1912. Bercerita tentang pahlawan nasional yang juga seorang aktivis Jawa, Omar Said Tjokroaminoto. Kala itu, ia ikut mendirikan partai Sarekat Islam untuk melawan ketidakadilan rezim kolonial Hindia Belanda.

    Tjokroaminoto yang lahir dari kaum bangsawan Jawa geram melihat kesenjangan sosial selepas Tanam Paksa dan awal Politik Etis pada kala itu. Aktor ternama Indonesia, Reza Rahardian memerankan tokoh Guru Bangsa itu dalam film.

    2. Sang Pencerah (2010)

    Sang pencerah adalah film biopik karya sutradara Hanung Bramantyo tentang pahlawan nasional, Ahmad Dahlan. Dalam film ini, ia berjuang melawan masyarakat yang kurang pengetahuan di abad ke-19 untuk mendirikan organisasi Islam baru bernama Muhammadiyah.

    Selain itu, film ini juga menampilkan peran Ahmad Dahlan sebagai guru dari para santri di langgar (tempat belajar) miliknya. Ahmad Dahlan diperankan oleh Lukman Sardi dengan Zaskia Adya Mecca sebagai istrinya.



    Halaman Selanjutnya
      3. Laskar Pelangi Laskar…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id