comscore

Kisah Lady Rocker Indonesia Dijadikan Film Dokumenter

Sunnaholomi Halakrispen - 20 November 2021 10:44 WIB
Kisah Lady Rocker Indonesia Dijadikan Film Dokumenter
Sylvia Saartje (Foto: Instagram)
Jakarta: Penyanyi rock Indonesia didominasi oleh kaum adam. Namun Sylvia Saartje, berhasil dijuluki sebagai Lady Rocker Pertama di Indonesia. Kini, kisahnya diceritakan dalam film dokumenter.

Jipi, sapaannya, menjadi satu-satunya penyanyi rock perempuan Indonesia yang tampil dalam konser di GOR Pulosari, Malang, pada tahun 1976. Hingga akhirnya, Jipi disebut sebagai Lady Rocker.
"Jadi itu suatu keistimewaan, sebuah titik tolak melambungnya nama Jipi di pentas musik rock," ungkap Direktur Museum Musik Indonesia, Hengki Herwanto, dalam tayangan Film Dokumenter Sylvia Saartje Lady Rocker Pertama Indonesia.

"Pada tahun 1970-an akhir itu jarang kita mendengar ada Lady Rocker, perempuan vokalis rock dan satu yang kita syukuri dari Jawa Timur itu muncul Jipi, Sylvia Saartje," tutur Pengamat Musik, Bens Leo.

Jipi dikenal dengan penampilannya yang tak biasa di atas panggung. Mulai dari gaya rambut yang tidak pernah dipotong pendek, kostum unik, busana yang minimalis, hingga celana berbahan kulit atau jeans. 

Begitu juga suara dengan oktaf yang tinggi. Ciri khas Jipi di atas panggung berbeda dari penyanyi wanita lainnya.

"Sebutan Lady Rocker, aku pernah diketawain sama Prof Andrew Weintraub dari Pittsburgh University. Dia lebih condong sebutan female rock singer. Bukan lady rocker. Tapi lady rocker itu sendiri media yang menjuluki itu. Jadi sudah terbawa sampai hari ini," papar Sylvia Saartje

"Kuda Binal, Lady Rocker, Female Rock Singer, dan Kote ngalam, itu sebutan masyarakat dan pers. Apa pun yang mereka sebut, aku keren saja. 'Wah keren ini. Disebut apa pun aku suka'," aku Sylvia.

Perempuan berusia 64 tahun itu telah melalang buana dari panggung ke panggung. Tak hanya kisah Jipi, namun perkembangan musik rock di Indonesia dari tahun ke tahun pun diulas dalam film dokumenter ini. Film ini dapat disaksikan di kanal YouTube Terakota Indonesia.

(PEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id