Joko Anwar: Perangkat Digital Tak Mengurangi Minat Penonton ke Bioskop

    Dhaifurrakhman Abas - 07 Februari 2020 16:28 WIB
    Joko Anwar: Perangkat Digital Tak Mengurangi Minat Penonton ke Bioskop
    Joko Anwar (Foto: Medcom/Abas)
    Jakarta: Sutradara Joko Anwar menyebut layanan streaming menonton dari perangkat digital tidak mengurangi minat orang menonton ke bioskop. Sebab hal itu merupakan dua pengalaman berbeda.

    "Sebetulnya tidak bisa disubsitusikan. Tapi rasa pengalaman menonton di bioskop tidak akan tergantikan," kata Joko saat ditemui di Gandaria City, Jakarta Selatan.

    Menurutnya, menonton di bioskop merupakan pengalaman sosial lantaran menonton bersama orang lain. Ada etika dan norma yang harus diperhatikan agar tak menganggu penonton lainnya. Hal ini tak didapatkan ketika menonton di medium perangkat digital macam gawai.

    "Bukan hanya pengalaman menonton, tapi juga pengalaman sosial karena kita menonton besama orang yang tidak kenal. Karena ada etika, norma, bagaimana menonton tanpa menganggu orang lain tapi bisa menikmati maksimal," ujar Joko.

    Dia menegaskan, perkembangan medium tontonan yang kini bisa dinikmati dimanaoun tak memengaruhi minat orang datang ke bioskop. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah penonton ke bioskop dalam dua tahun terkahir.

    "Terbukti, di tahun lalu saja, tiket bioskop yang terjual sebanyak 52 juta tiket. Tahun sebelumnya 52 juta tiket dan dua tahun sebelumnya 47 juta" paparnya.

    Lebih lanjut, kata Joko, tujuan orang datang ke bioskop bukan hanya sekadar menonton film. Namun juga untuk menikmati kualitas suara dan gambar yang lebih baik agar bisa merasuk merasakan film yang ditayangkan.

    "Orang-orang ingin masuk lebih dalam ke filmnya. Bahasa teknisnya, immersive experience. Perlu ada medium untuk merasakan pengalaman itu. Meskipun orang tidak mengerti terminologi teknologi pada sebuah film, mereka bisa merasakan film secara lebih nyata. Dan di dalam film, aspek visual dan suara tidak bisa dipisahkan. Karena suara dan gambar menjadi satu kesatuan," tandasnya.



     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id