Ulasan Film Bebas

    Cecylia Rura - 26 September 2019 08:00 WIB
    Ulasan Film Bebas
    Film Bebas (Foto: Miles Films)
    Jakarta: Vina, anak pindahan dari Sumedang datang ke Jakarta diperkenalkan sebagai anak baru di sekolah. Kepolosan dan sikap naif Vina membuatnya jadi bahan ledekan teman-teman sekelas, tapi tidak untuk Kris, yang mengaku 'senasib' dan Jessica, teman sebangku Vina.

    Berawal dari sini, Vina dipertemukan dengan Suci si bintang sekolah, Jojo yang selalu ceria dengan lidah tajamnya, dan Gina si jutek berhati lembut. Kris, sebagai pemimpin Geng Bebas menjadi orang pertama yang pasang badan ketika teman-temannya dirundung.

    Bebas, meski diadaptasi dari film box office Korea berjudul Sunny tetap memberikan sentuhan nuansa lokal nusantara mulai dari potret zaman pergaulan hingga latar tempat seperti kawasan Blok M dan Pasar Baru di Jakarta. Film ini dibagi menjadi dua fase dengan latar waktu 1995 dan 2019.

    Dalam Geng Bebas remaja, karkaterisasi masing-masing personel diperkuat dengan personaliti mereka di kehidupan nyata. Seperti Maizura yang semula berbasis di Makassar kemudian pindah ke Jakarta dan Agatha Pricilla yang selalu ceria dan melarutkan suasana.

    Karakter Jojo dalam film ini adalah pengembangan dari kisah aslinya untuk menyesuaikan kondisi sekolah negeri di Indonesia. Karakter Jojo sekaligus menampakkan potret pergaulan remaja Indonesia saat itu ketika sosok laki-laki seperti Jojo belum begitu diterima seperti sekarang.

    Perkembangan teknologi di zaman itu juga menjadi keseruan tersendiri bagi Geng Bebas. Menyaksikan film Bebas membawa penonton kembali pada zaman nostalgia saat pertemuan tatap muka lebih penting dari sekadar komunikasi via ponsel.

    Nuansa nostalgia semakin semarak dengan dihadirkannya soundtrack film 90-an mulai dari Iwa K hingga Chrisye. Tren mode zaman itu juga kembali dihidupkan lewat busana ala anak SMA oleh anak-anak Geng Bebas dan rivalnya.

    Kekompakan Geng Bebas di tengah segala konfliknya bikin rindu kembali ke masa-masa SMA mulai dari cinta monyet sampai musuh bebuyutan. Meski karakter beragam dan tak selalu akur, Geng Bebas mengajarkan arti pertemanan saling terbuka dan menerima satu sama lain.

    Film Bebas

    Sutradara: Riri Riza
    Penulis: Mira Lesmana, Gina S. Noer
    Produksi: Miles Films
    Distributor: CJ Entertainment
    Pemain: Maizura, Sheryl Sheinafia, Agatha Pricilla, Lutesha, Zulfa Maharani, Baskara Mahendra, Marsha Timothy, Susan Bachtiar, Indy Barends, Widi Mulia, Baim Wong, Sarah Sechan
    Durasi: 119 menit
    Klasifikasi LSF: 13+
    Rilis di bioskop: 3 Oktober 2019
     



    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id