Mengenang Peran Terbaik Ade Firman Hakim dalam 7 Film

    Cecylia Rura - 16 September 2020 12:18 WIB
    Mengenang Peran Terbaik Ade Firman Hakim dalam 7 Film
    Ade Firman Hakim (Foto: instagram)
    Jakarta: Aktor Ade Firman Hakim menghembuskan napas terakhir pada Senin, 14 September 2020 setelah menjalani perawatan di RSUD Tarakan, Cideng, Jakarta Pusat. Beberapa tahun belakangan, Ade Firman Hakim banyak tampil di beberapa film.

    Aktor yang berpulang dalam usia 31 tahun itu memerankan karakter ikonik baik series, film panjang maupun film pendek. Mengenang aksi terbaik Ade Firman Hakim, berikut sejumlah film yang dibintanginya:

    1. Laut Bercerita (2017)


    Laut Bercerita merupakan novel dari Leila S. Chudori. Karya ini diadaptasi ke film pendek disutradarai Pritagita Arianegara yang didistribusikan secara terbatas. Ade Firman Hakim memerankan tokoh Naratama.

    Laut Bercerita memaparkan situasi mahasiswa pada akhir 90-an dan awal 2000-an. Berkisah tentang keluarga, persahabatan, dan kehilangan.

    2. Bid'ah Cinta (2017)


    Ade Firman Hakim memerankan Sandra, seorang waria. Berkat perannya, Ade Firman Hakim masuk nominasi Pemeran Pembantu Pria Terpuji kategori Film di Festival Film Bandung 2017.

    Bid'ah Cinta mengisahkan hubungan Khalida dan Kamal yang terkandas restu orangtua. Hasan kemudian muncul sebagai kandidat pasangan Khalida.

    3. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)


    Ade Firman Hakim memerankan Musso, tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI). Film ini disutradarai Garin Nugroho.

    Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto, turut dibintangi Reza Rahadia, Christine Hakim, Chelsea Islan, Didi Petet, dan Ibnu Jamil.

     
     

    4. Night Bus (2017)


    Ade Firman Hakim turut mendapat peran dalam film Night Bus. Film ini sukses meraih 11 nominasi dan membawa pulang enam penghargaan di Festival Film Indonesia 2017. Satu di antara penghargaan itu menyabet kategori Film Terbaik.

    5. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)


    Ade Firman Hakim memerankan tokoh Chaerul Saleh. Tokoh ini memiliki peran penting di belakang peristiwa Rengasdengklok. Momen ini berakhir dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

     
     

    6. Ratu Ilmu Hitam (2019)


    Ade Firman Hakim memerankan Maman dalam film Ratu Ilmu Hitam yang diadaptasi dari kisah orisinil berjudul sama rilisan 1981. Maman meripakan penjaga panti asuhan.

    7. 22 Menit (2018)


    Ade Firman Hakim memerankan polisi bernama Firman. Dia berusaha menjaga situasi lalu lintas di tengah momen panik pengeboman kawasan Thamrin. 22 Menit diangkat dari kisah nyata pengeboman di Jalan MH Thamrin pada Januari 2016.

    Ade Firman Hakim juga terlibat dalam film Buya Hamka dan Backstage yang belum ditayangkan. Sejumlah rekan artis berduka cita atas kepergian Ade Firman Hakim.



    (ELG)
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id