Dian Sastro: Profesi Guru Merupakan Panggilan

    Cecylia Rura - 11 Agustus 2020 15:56 WIB
    Dian Sastro: Profesi Guru Merupakan Panggilan
    Cuplikan film Guru Guru Gokil (Foto: YouTube Netflix Asia)
    Jakarta: Film Guru Guru Gokil tayang di bulan Agustus ketika Indonesia merayakan Kemerdekaan RI ke-75. Dian Sastrowardoyo sebagai produser dan pemain Guru Guru Gokil ikut melihat proses penulisan naskah.

    Penulis naskah Guru Guru Gokil Rahabi Mandra melakukan wawancara bersama sejumlah guru di luar kota besar. Sehingga, perasaan seorang guru tersampaikan ketika profesi guru dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

    "Rata-rata kita dapat jawaban menarik-menarik karena kita enggak tertulis tapi rekam suara, kita dengar langsung ekspresinya, ada yang cerita sampai mau nangis," terang Dian dalam jumpa pers virtual, Selasa 11 Agustus 2020.

    "Rata-rata yang kita dapatkan semua yang bekerja jadi guru enggak ada yang mengeruk keuntungan, mereka jadi guru karena panggilan hati," kata Dian.

    Umumnya, film Indonesia didominasi cerita kisah-kasih remaja dengan latar tempat sekolah. Namun, sedikit yang membicarakan perihal kehidupan guru. Di samping mengajar, guru juga bekerja untuk pendapatan tambahan.

    Dian Sastro: Profesi Guru Merupakan Panggilan
    (Dian Sastro (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)


    "Kita masukkan di cerita kita, semua guru pasti ada usaha sampingnya juga. Misalnya Bu Nirmala jual rengginang," terang Dian.

    Film Guru Guru Gokil menjadi film Netflix Original kedua dari Indonesia setelah The Night Comes for Us (2018). Praktis, Guru Guru Gokil bakal tayang di 190 negara jaringan Netflix beroperasi.

    "Mudah-mudahan cerita-cerita lokal kayak Guru Guru Gokil bisa dinikmati di beberapa negara lain yang label budaya dan bahasanya beda tapi keluh kesah dan perjuangan guru masih sama," kata Dian.

    Selain Dian Sastro, Guru Guru Gokil dibintangi Gading Marten, Faradina Mufti, Boris Bokir, Kevin Ardilova, Shakira Jasmine, Asri Welas, Ibnu Jamil, Kiki Narendra, dan Arswendy Bening Swara.

    Guru Guru Gokil disutradarai Sammaria Sari Simanjuntak dengan naskah dari Rahabi Mandra dan Tanya Yuson, produksi BASE Entertainment. Guru Guru Gokil tayang Netflix mulai 17 Agustus 2020.

     

    (ASA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id