Dukung Gerakan 'Kembali ke Bioskop', Sandiaga Uno Ingatkan Prokes Ketat

    Sunnaholomi Halakrispen - 01 April 2021 20:16 WIB
    Dukung Gerakan 'Kembali ke Bioskop', Sandiaga Uno Ingatkan Prokes Ketat
    Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)



    Jakarta: Pelaku industri film menggaungkan ajakan untuk nonton film di bioskop. Salah satu cara meyakinkan masyarakat untuk datang ke bioskop dengan aman ialah dengan adanya sertifikasi CHSE untuk bioskop dari pemerintah.

    Pada awal Maret 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa kementeriannya akan melakukan sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental sustainability) untuk bioskop. Kini, ia menekankan bahwa hal tersebut telah dibuat.






    "Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) telah mengeluarkan handbook atau buku panduan protokol kesehatan berbasis CHSE bagi pengelola bioskop dan pengunjung," ujar Sandi kepada Medcom.id.

    Selain itu, kata Sandi, Kemenparekraf atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) sebelumnya juga telah melaksanakan simulasi pembukaan dan penerapan protokol kesehatan di bioskop. Kegiatan tersebut dilakukan sejak bulan Juli 2020.

    "Simulasi ini bertujuan agar semua pihak, baik pelaku usaha maupun masyarakat paham akan prosedur-prosedur yang harus dijalankan," jelasnya.

    Sedangkan untuk pembukaan bioskop, belum bisa dipastikan secara serentak di seluruh daerah. Termasuk pembukaan bioskop di area kuning. Sebab, keputusan tersebut bergantung pada kebijakan masing-masing kepala daerah.

    "Untuk pembukaan bioskop tentu menjadi wewenang pemerintah daerah masing-masing dengan memperhatikan berbagai data dan keadaan yang ada, termasuk penyebaran covid-19," paparnya.

    "Guna mendukung kembali menggeliatnya kegiatan ekonomi kreatif khususnya film, kami mengkampanyekan gerakan Kembali ke Bioskop. Namun sekali lagi, hal terpenting adalah bagaimana menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," pungkasnya.

     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id