Aktris 14 Tahun Perankan Istri Ketiga, KPI Akan Panggil Rumah Produksi

    Sunnaholomi Halakrispen - 02 Juni 2021 16:46 WIB
    Aktris 14 Tahun Perankan Istri Ketiga, KPI Akan Panggil Rumah Produksi
    Ketua KPI Agung Suprio (Foto: dok. pribadi)



    Jakarta: Sinetron Suara Hati Istri yang tayang di Indosiar menuai hujatan di media sosial, karena diperankan oleh aktris berusia 14 tahun sebagai karakter Zahra, istri ketiga. Masyarakat juga melaporkan hal tersebut kepada KPI (Komisi Penyiaran Indonesia), dan kini ditanggapi.

    Ketua KPI Agung Suprio menyatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan masyarakat terkait tayangan sinetron tersebut. Siang ini, Rabu, 2 Juni 2021, pihaknya mengadakan pertemuan informal dengan pihak Indosiar.

     



    "Tapi pertemuan formalnya dengan PH-nya (rumah produksi) besok. Jadi langsung kita minta juga. Agar nanti kita imbau juga semua lembaga penyiaran televisi dan radio juga, kalau ingin membuat cerita jangan ada tentang pernikahan diri," ujar Agung kepada Medcom.id.

    "Ada Undang-undang Perkawinan yang membatasi usia pernikahan itu 19 tahun ke atas. Jangan sampai lembaga penyiaran itu mempromosikan sebaliknya. Karena undang-undang itu mengikat semua warga negara, termasuk lembaga penyiaran," tambahnya.

    Ia menekankan cerita yang ditampilkan dalam sinetron tersebut harus sesuai dengan undang-undang dan norma yang berlaku di Indonesia. Dalam hal ini, terkait tidak boleh adanya cerita tentang pernikahan dini. Apalagi, diperankan oleh aktris Lea Ciarachel yang berusia 14 tahun.

    "Kalau saya sih fokus pada pernikahan usia dini yang ceritanya mempromosikan. Kalau peran itu kan sebisa mungkin diperankan oleh orang dewasa. Ada teknik film orang 19 tahun di-makeup dijadikan ibu-ibu. Tapi yang jadi perhatian kita itu pernikahan dininya" jelasnya.

    Aktris Lea Ciarachel sendiri merupakan perempuan kelahiran Bali, 5 Oktober 2006. Pada sinetron Suara Hati Istri, ia memerankan karakter Zahra, yakni istri ketiga dari Tirta (diperankan Panji Saputra) yang di dunia nyata berusia 39 tahun.

    Keduanya beradegan mesra dalam sinetron tersebut. Mulai dari berpelukan hingga berada di satu ranjang. Netizen menilai adegan itu menggambarkan pelecehan seksual, pemaksaan perkawinan usia anak, poligami, pemerkosaan dalam perkawinan, hingga perbudakan seksual, yang tidak seharusnya ditayangkan di Indonesia.


     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id