Lima Film Dokumenter Terpilih di Good Pitch Indonesia 2019

    Kumara Anggita - 07 Agustus 2019 10:00 WIB
    Lima Film Dokumenter Terpilih di Good Pitch Indonesia 2019
    BARA (THE FLAME) (Foto: via Instagram Arfan Sabran)
    Jakarta: Good Pitch tahun ini kembali lagi dengan berfokus kepada film-film dokumenter Indonesia. Program mentoring dan live crowd-sourcing ini ingin melebarkan dampak sosial film-film dokumenter yang telah terpilih.

    Good Pitch Indonesia akan digelar pada 5 September 2019. Terdapat lima film yang mengangkat kisah yang beragam. Ada kisah dari balik tembok pesantren di Cirebon, dari sudut sekolah inklusif di Jakarta, dari puing-puing bencana di Palu, dari gundukan sampah di Padang, dan dari balik asap tebal kebakaran hutan di Kalimantan Tengah.

    Karya inspiratif ini diceritakan dengan artistik dan kreatif. Mereka yang membuat mengharapkan dukungan semua sektor di masyarakat seperti pendanaan, koneksi kepada pembuat kebijakan, koneksi kepada penonton, bantuan spesialis, dan berbagai macam harapan yang bisa diberikan oleh berbagai kalangan yang peduli akan terwujudnya keadilan sosial di Indonesia.

    Sebelumnya, Good Pitch Asia Tenggara tahun 2017 yang juga diselenggarakan oleh In-Docs berhasil menggalang 100 lebih kolaborasi dengan berbagai organisasi dan individu. Waktu itu mereka bisa menggalang dana sebesar USD160 ribu.

    Good Pitch telah direplikasi oleh berbagai mitra Doc Society di 15 negara di dunia, termasuk Amerika, Serikat, Australia, Kenya, India, Meksiko, dan Indonesia. Good Pitch telah mendukung lebih dari 250 film dokumenter, menghasilkan lebih dari USD30 juta Amerika untuk film-film tersebut, dan dihadiri oleh lebih dari 4.200 organisasi.

    Film-film Good Pitch juga meraih sukses atas pencapaian artistik mereka di festival-festival internasional, di antaranya Sundance, Hot Docs, dan IDFA (International Documentary Festival Amsterdam, festival film dokumenter paling besar dan paling prestisius di dunia). Beberapa film Good Pitch bahkan telah mendapatkan nominasi dan memenangkan Emmy Award dan Oscar di Amerika Serikat.

    Good Pitch Indonesia diselenggarakan oleh In-Docs, sebuah organisasi non-profit yang sejak tahun 2002 berkomitmen dalam menemukan dan membina talenta-talenta dokumenter Indonesia serta membangun ekosistem dokumenter yang menumbuhkan pendanaan, distribusi, dan dampak sosial dari film-film dokumenter Indonesia dan Asia Tenggara.

    Film-film terpilih dalam Good Pitch Indonesia 2019 adalah:

    PESANTREN (A BOARDING SCHOOL)
    Sutradara: Shalahuddin Siregar

    Sebuah potret intim dari sebuah pesantren yang mengajarkan perdamaian dan toleransi sambil mendidik santri-santri muda yang bertanggung jawab.

    BARA (THE FLAME)
    Sutradara: Arfan Sabran

    Iber Djamal (77) telah menyaksikan puluhan tahun deforestasi yang merajalela di Kalimantan. Ikutilah upaya terakhirnya untuk menyelamatkan tanah leluhurnya dari perusahaan kelapa sawit yang invasif.

    HIDUP DENGAN BENCANA (LIVING ON TOP OF THE FAULT)
    Sutradara: Yusuf Radjamuda

    Setelah tsunami dahsyat dan pencairan yang merenggut lebih dari 4.000 jiwa di Palu tahun 2018 lalu, sekelompok warga yang selamat dari bencana tersebut menginisiasi program literasi agar pengetahuan tentang mitigasi bencana, baik dari kebijaksanaan lokal, ilmu pengetahuan, dan sejarah, bisa diteruskan ke generasi-generasi berikutnya.

    MENGGAPAI BINTANG (AIM FOR THE STARS)
    Sutradara: Ucu Agustin

    Dua gadis remaja buta yang telah berteman sejak kecil menemukan cara untuk mencapai impian mereka di dunia yang tidak dirancang untuk mereka.

    WASTE ON MY PLATE
    Sutradara: David Darmadi

    Sebuah perjalanan pengamatan pembuat film yang meneliti interaksi kita dengan sampah plastik; bagaimana kita menghasilkan limbah, dan bagaimana limbah itu kembali ke piring kita.

     

    (ELG)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id