Alasan FFI 2019 Tiadakan Kategori Nominasi Pemeran Anak

    Dhaifurrakhman Abas - 13 November 2019 14:08 WIB
    Alasan FFI 2019 Tiadakan Kategori Nominasi Pemeran Anak
    Lukman Sardi (Foto: Medcom/Abas)
    Jakarta: Ada yang berbeda dari perhelatan Festival Film Indonesia (FFI) 2019. Kategori nominasi untuk pemeran anak-anak kini sudah tidak lagi ada.

    Menurut Ketua Komite FFI, Lukman Sardi, penghapusan ini memang sengaja dilakukan tahun ini. Hal ini sebagai bentuk penyetaraan bidang keaktoran dalam memperebutkan Piala Citra yang dihelat pada 12 Desember.

    "Ini sebenarnya aku mau memberi sesuatu begini. Aktor ya aktor, tidak ada aktor cilik atau dewasa," kata Lukman usai pengumuman nominasi FFI 2019 di La Moda Plaza Indonesia, Selasa 12 November 2019.

    Menurut Lukman ada nilai plus yang bisa didapatkan jika kategori anak dihapuskan. Hal ini mampu meningkatkan motivasi aktor untuk bersaing tanpa memandang usia anak maupun dewasa.

    "Kita menjalankan pekerjaan yang sama, pola yang sama sebagai aktor. Tidak ada lagi kotak-kotak. Dan ini harusnya menjadi motivasi untuk aktor muda bisa bersaing," paparnya.

    Kategori pemeran anak dilebur ke dalam pemeran utama pria dan wanita terbaik. Sayangnya, tak ada satupun aktor dan aktris anak yang berhasil menjadi nomine dalam Piala Citra 2019.

    Daftar Lengkap Nominasi FFI 2019

    Adapun nominasi untuk Pemeran Utama Pria Terbaik dicanangkan kepada Abimana Aryasatya (Gundala), Angga Yunanda (Dua Garis Biru), Lukman Sardi (27 Steps of May) dan Muhammad Khan (Kucumbu Tubuh Indahku). Selain itu Reza Rahadian (My Stupid Boss 2) serta Ringgo Agus Rahman (Keluarga Cemara) juga masuk dalam nominasi tersebut.

    Sementara untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik bakal diperebutkan Nirina Zubir (Keluarga Cemara), Raihaanun (27 Steps of May), Sha Ine Febriyanti (Bumi Manusia), Sissy Prescillia (Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga) serta Zara JKT48 (Dua Garis Biru).

    Malam puncak penganugerahan Piala Citra akan berlangsung pada 12 Desember 2019 di The Tribrata, Jakarta.



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id