Upaya Aprofi Cegah Pembajakan Film di Indonesia

    Cecylia Rura - 09 Januari 2020 16:02 WIB
    Upaya Aprofi Cegah Pembajakan Film di Indonesia
    Produser Sheila Timothy. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
    Jakarta: Asosiasi Produser Film Indonesia (Aprofi) sejak awal berdirinya sudah melakukan perlawanan terhadap pembajakan karya film di Indonesia. Upaya pencegahan ini sudah dimulai di tingkat sekolah dasar bekerja sama dengan Pusbang Film.

    "Kita melakukan penjelasan bukan kepada guru tapi anak-anak SD. Ini kan sebenarnya Budi Pekerti gimana kita menghargai karya orang lain, enggak nyolong karya orang lain. Gimana rasanya udah bikin lukisan bagus-bagus terus diakui lukisan orang lain," kata Produser Sheila Timothy di Jakarta Pusat, Kamis, 9 Januari 2020.

    Situs nonton ilegal Indo XXI sejak awal tahun telah menyatakan pamit melalui situsnya. Namun, hingga kini dikabarkan masih beredar sejumlah situs serupa. Produser yang karib disapa Lala itu menuturkan, setidak sudah 28 situs yang ditutup sejak 2018.

    Selaku produser film Indonesia, Lala Timothy mengatakan kerugian yang dicapai bisa sampai miliaran rupiah. Kerugian ini menjadi bagian dari delik aduan kepada pemerintah.

    "Ini kan delik aduan. Jadi pemilik film harus mengadu kemudian baru ditutup. Ada tindak lanjut dari pemerintah itu kita lakukan terus. Tapi tentunya kita cari ranking platform digital ilegal yang paling tinggi dulu. Ada yang namanya ranking Alexa, bagaimana misalnya 20-30 ilegal platform yang besar, kita ke situ dulu," kata Lala. 






    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id