Tipe Kepribadian 5 Karakter dari Jagat Marvel

    Dhaifurrakhman Abas - 24 Juni 2020 10:58 WIB
    Tipe Kepribadian 5 Karakter dari Jagat Marvel
    Poster Avengers (Foto: Shutterstock)
    Jakarta: Siapa yang tak kenal pahlawan dari jagat Marvel? Mereka merupakan tokoh fiksi baik perempuan maupun laki-laki yang siap meregang nyawa untuk menyelamatkan dunia.

    Meski terlihat memiliki satu tujuan, tetapi sebetulnya setiap pahlawan Marvel memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda. Untuk membuktikan hal itu bisa ditelusuri menggunakan analisa tes kepribadian Myers Briggs Type Indicator (MBTI).

    Secara umum, MBTI yang dikembangkan Isabel Briggs Myers pada sejak 1940. Hal ini digunakan untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan.

    Preferensi yang tersebut kemudian dikategorikan melalui 16 tipe kepribadian dari mulai ESTJ: (Extrovert, Sensing, Thinking, Judging) hingga ISTJ ( Introvert, Sensing, Thinking, Judging). Lebih lanjut, berikut pemaparan karakteristik 5 pahlawan Marvel berdasarkan MBTI.
     

    1.  Groot (INFJ)

    Tipe Kepribadian 5 Karakter dari Jagat Marvel
    (Foto: via Cinemablend)

    Groot merupakan pahlawan Marvel yang karakternya sedikit sulit untuk dibaca melaluu MBTI. Sebab, Groot hanya berkomunikasi dengan sebuah kalimat "I Am Groot".

    Akan tetapi, karkater di film Guardian of the Galaxy ini berkali-kali menunjukkan bahwa dia sangat kreatif, penuh kasih sayang, tegas, dan sangat altruistik. Ini adalah sifat-sifat yang paling sering dikaitkan dengan sifat Introvert, Intuition, Feeling, Judging (INFJ).
     

    2. Star-Lord (ESFP)


    Tipe Kepribadian 5 Karakter dari Jagat Marvel
    (Foto: Marvel)

    Karakter Star-Lord yang lekan dengan aktor Chris Pratt ini diperankan dengan cukup jelas. Dia merupakan penghibur dalam timnya di film Guardian of the Galaxy.

    Star-Lord juga dimunculkan dengan gaya hidup penuh musik dan pesta dansa. Sehingga dia tidak begitu baik dalam menghadapi konflik dan juga terlalu sensitif. Dari berbagai sifat tersebut, Star-Lord dikategorikan dalam dimensi Extrovert, Sensing, Feeling, Perceiving (ESFP).
     

    3. Captain Marvel (INFP)


    Tipe Kepribadian 5 Karakter dari Jagat Marvel

    Captain Marvel kerap kali digambarkan sebagai sosok penengah atau mediator. Ini berarti dia sangat idealis dan selalu mencari harmoni dalam kehidupan. 

    Akan tapi idealismenya terkadang membuatnya tidak begitu praktis, khususnya ketika dihadapkan pada fakta-fakta yang sulit. Hal ini bisa membuatnta menanggapi hal tersebut terlalu personal. 

    Oleh sebab itu, Captain Marvel cocok dilategorikan dengan sifat Introvert, Intuition, Feeling, Perceiving (INFP). Karenanya, Captain Marvel merupalan sosok yang dikagumi sekaligus disegani. 

     

    4. Black Widow (ISTJ)


    Tipe Kepribadian 5 Karakter dari Jagat Marvel

    Rasanya semua orang akan sepakat jika karakter Black Widow merupakan sosok yang serba bisa. Hal itu yang mengantarkannya menjadi salah satu mata-mata paling handal di Marvel.

    Selain itu, Black Widow juga menjadi sosok yang paling diandalkan dalam tim The Avengers saat melawan Thanos. Meskipun dia mungkin tidak memiliki kekuatan super seperti Captain Marvel hingga The Scarlet Witch.

    Black Widow juga sangat tipikal orang yang tidak bertele-tele dan langsung menyuarakan pendapatnya meskipun itu tidak populer. Dia juga memiliki sikap tenang, praktis, dan bertanggung jawab

    Namun di balik sifatnya yang to the point ini menggambarkan bahwa dia juga bisa bersikap menghakimi dan tidak sensitif dengan perasaan orang lain. Sebab itu, rasanya Black Widow dikategorikan sebagai Introvert, Sensing, Thinking, Judging (ISTJ).
     

    5. Iron Man (ENTP)

    Tipe Kepribadian 5 Karakter dari Jagat Marvel

    Tony Stark memiliki salah satu kepribadian paling menarik dari semua karakter di Marvel Universe. Hal ini terlepas apakah dia mengenakan setelan Iron Man atau senagai seorang Tony Stark . 

    Kategori MBTI miliknya adalah The Debater. Seperti yang diketahui, The Debater cenderung menjadi pemikir yang luar biasa cepat serta memiliki kecerdasan yang luar biasa.

    The Debater juga sangat karismatik. Singkatnya, orisinalitas, energi, dan kepintaran The Debater selalu mengesankan orang lain, laiknya seorang Tony Stark.

    Tetapi mereka juga bisa sangat argumentatif, tidak toleran, dan sulit fokus. Oleh karenanya, karakter Iron Man tersebut dikategorikan sebagai Extrovert, Intuition, Thinking, Perceiving (ENTP).
     



    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id