Jumlah Film Thriller, Horor, dan Dokumenter Meningkat Signifikan dalam 20 Tahun

    Purba Wirastama - 18 Januari 2019 11:00 WIB
    Jumlah Film Thriller, Horor, dan Dokumenter Meningkat Signifikan dalam 20 Tahun
    Adegan Mission Impossible: Fallout, salah satu film thriller paling disukai pengguna IMDB (Foto: paramountpictures)
    California: Dalam dua dekade terakhir, jumlah film dokumenter serta film cerita dengan genre thriller dan horor mengalami kenaikan signifikan dibandingkan 90 tahun sebelumnya. Sebaliknya, film percintaan, musikal, dan western mengalami penurunan kuantitas.

    Grafik tren genre ini dibuat dan dirilis oleh Bo McCready, direktur riset Madison Metropolitan School District di Wisconsin AS. Bo menghimpun data judul dan genre film rilisan 1910 hingga 2018 yang terdaftar di situs web katalog film IMDB.

    Bo tidak merinci negara asal setiap film, tetapi bisa dipastikan bahwa sebagian besar film dalam katalog IMDB adalah film produksi dan rilisan Amerika.

    Hasil riset Bo dirilis lewat situs web Tableau.com pada 17 Januari 2019. Tabel ini memuat 12 grafik perkembangan tren genre selama 109 tahun, terhitung sejak 1910. Kita bisa dengan mudah melihat bahwa genre horor dan thriller serta film dokumenter mengalami kenaikan signifikan.

    Pada 2018, dari keseluruhan film yang beredar dan terdaftar di IMDB, 12% di antaranya adalah film dengan genre thriller. Tiga film thriller yang paling disukai pengguna IMDB adalah Mission Impossible: Fallout, Red Sparrow, dan Maze Runner: The Death Cure. Film dengan ulasan terbaik adalah Hex.

    Dalam tahun yang sama, porsi film dengan genre horor adalah sebanyak 11%, termasuk yang paling populer A Quiet Place, Annihilation, serta Hereditary.

    Untuk dokumenter, porsinya paling dominan di bawah komedi, yaitu 18%. Namun jumlah ini sebenarnya menurun sejak lima tahun sebelumnya. Pada 2014, jumlah film dokumenter di IMDB bisa sampai 26% dari jumlah seluruh film.

    Tiga dokumenter populer rilisan 2018 adalah Won't You Be My Neighbor, Three Identical Strangers, dan Fahrenheit 11/9.

    Genre dengan popularitas relatif konstan selama puluhan tahun adalah laga, sci-fi, fantasi, dan komedi. Sejak awal abad ke-20, genre komedi hampir selalu populer dengan porsi seperempat hingga sepertiga dari seluruh film.

    Genre yang perlahan menurun adalah perang, kriminal, percintaan, dan musikal. Kendati begitu, genre percintaan, seperti halnya genre laga, tetap lebih populer dibanding genre sci-fi dan fantasi.




    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id