Hanung Sebut Jokowi Cocok Perankan Darsam di Film Bumi Manusia

    Elang Riki Yanuar - 14 Juli 2019 07:00 WIB
    Hanung Sebut Jokowi Cocok Perankan Darsam di Film Bumi Manusia
    Hanung (Foto: Medcom/Amaluddin)
    Jakarta: Film Bumi Manusia akan segera tayang di bioskop di Indonesia. Menampilkan sejumlah aktor terkenal seperti Iqbaal Ramadhan sebagai Minke dan Mawar De Jongh sebagai pemeran Annelies.

    Sha Ine Febriyanti didapuk menjadi Nyai Ontosoroh, Ayu Laksmi sebagai Ibunda Minke, dan Donny Damara sebagai Ayah Minke. Meski sudah memilih orang lain, Hanung Bramantyo selaku sutradara punya impian tersendiri mengenai pemeran karakter Darsam. Hanung berandai-andai jika Darsam bisa diperankan Presiden Jokowi.

    Darsam merupakan salah satu tokoh kunci dalam Bumi Manusia. Dia merupakan orang kepercayaan Nyai Ontosoroh.

    Menurut Hanung, Jokowi sangat cocok memerankan Darsam. Kebetulan, orang nomor satu di Indonesia itu juga mengagumi Pramoedya. Jokowi pernah mengutip tulisan Pram di akun Facebook-nya.

    "Kalau boleh membayangkan Pak Jokowi jadi Darsam itu cocok. Hati-hati ya, Pak Jokowi itu kelihatannya lemah tapi beliau itu cukup kuat, keras pendiriannya, kalau sudah A ya A. Makanya cocok jadi Darsam yang bisa begitu. Tinggal menambahkan kumis," kata Hanung Bramantyo dalam keterangan tertulisnya.

    Dikaitkannya Jokowi dengan karakter Darsam berawal dari esai imajiner yang dimuat di situs Geotimes. Meski tulisan itu hanya sebuah satire, Hanung menganggap hal tersebut bentuk apresiasi tersendiri pada Bumi Manusia.

    "Itu adalah sebuat respons atas begitu besarnya novel Bumi Manusia. Sehingga membuat orang lain merasa terlibat, mengapresiasi dengan cara masing-masing. Buat saya tulisan itu sangat lucu, sekaligus cerdas karena semacam ada dialog imajiner saya dengan Pak Jokowi," tutup Hanung.

    Film Bumi Manusia akan tayang di bioskop pada 15 Agustus 2019.



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id