comscore

Melodi Dakwah Dokumenter yang Mengupas Musik Dalam Islam

Medcom - 07 Mei 2021 21:57 WIB
Melodi Dakwah Dokumenter yang Mengupas Musik Dalam Islam
Melodi Dakwah (Foto: Eagle Documentary)
Jakarta: Musik telah lama menjadi bagian dalam syiar agama Islam. Di Indonesia sendiri pada masa Sunan Kalijaga musik menjadi salah satu bagian penting dalam setiap dakwah yang dilakukan sang sunan. Namun dikalangan masyarakat masih saja terkadang terjadi pro dan kontra antara halal atau haram. 

Dalam penuturannya Ketua Umum Pengurus Besar Nadhatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mengatakan tidak serta merta musik itu dikatagorikan halal atau haram.
“Musik itu sebenarnya adalah suara kebenaran, yang bisa mengantarkan kita pada tuhan. Memang benar ada kitab-kitab yang membahas soal musik. Tapi kalo akhirnya dengan mendengarkan musik kita bisa ingat dengan Allah itu sangat baik,” ungkapnya di sela proses syuting film dokumenter Melodi Dakwah.

Ungkapan sang Kyai inilah yang membuat Sastro Adi teguh pada pendiriannya untuk berjalan dakwah di jalur musik. Bagi penggemar musik beraliran metal nama Sastro Adi cukup familiar. Ia merupakan pentolan band rock legendaris Power Metal.
Namun belum banyak yang tahu jika sebenarnya Sastro berlatar belakang pesantren yang telah mengenyam banyak sekali ilmu pendidikan agama. 

“Saya berasal dari Banyuwangi, keluarga saya merupakan kalangan yang teguh dan istiqomah terhadap pendidikan terutama pendidikan agama,” ungkapnya.

Perjalanan Sastro pun cukup konsisten dalam bermusik. Kini ia kerap kali menciptakan berbagai lagu-lagu religi yang menjadi bagian dalam dakwah di berbagai tempat. Tak jarang lagu-lagunya yang menggeliat sair islami berbalut hentakan musik ala rocker tersebut menjadi inspirasi bagi santri dan anak muda millenial saat ini berkarya.

Kisah mengenai bagaimana musik bisa menjadi bagian dalam syiar di nusantara saat ini, bisa disaksikan dalam film berjudul Melodi Dakwah yang akan tayang dalam program Melihat Indonesia pada Minggu, 9 Mei 2021 pukul 08.30 WIB di Metro TV.

(ASA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id