Media Group Memelopori Kerja Sama Industri Hiburan Indonesia

    Andhika Prasetyo, Wandi Yusuf - 17 Juli 2019 16:25 WIB
    Media Group Memelopori Kerja Sama Industri Hiburan Indonesia
    Penandatanganan kerja sama joint venture pengembangan konten kreatif antara Indonesia dan Korea Selatan di Gedung Media Group, Kedoya, Jakarta, kemarin. Foto: MI/Agus M
    Jakarta: Media Group News akan menjadi pionir di ranah industri hiburan Tanah Air. Ini terjadi setelah Media Group News, Bimantara Citra, dan Universal Artis Media Group Korea (perusahaan asal Korea Selatan) berkolaborasi membentuk UA Media Indonesia. Sebuah usaha patungan (joint venture) untuk pengembangan konten kreatif.

    "Ini kerja sama pertama di Indonesia untuk digital content maupun digital distribution," kata CEO Media Group News Moh Mirdal Akib, kepada Medcom.id, Rabu, 17 Juli 2019.

    Salah satu bentuk konkret dari kerja sama ini, kata Mirdal, adalah terciptanya channel atau saluran hiburan di Media Group News. Saluran ini akan mengudara seiring dengan percobaan siaran digital pada Agustus mendatang.

    Ke depan, Media Group News--yang terkenal dengan saluran berita melalui Metro TV--akan memperluas jangkauan, khususnya di ranah industri hiburan. Adapun konten pertama yang akan dihadirkan adalah K-Pop, industri hiburan Korea Selatan (Korsel), yang saat ini sudah mendunia.

    "Tayangan Korea (Korsel) ini bukan ditayangkan di Metro TV, tapi di saluran tersendiri yang dimiliki Media Group News," kata Mirdal.

    Baca: Metro TV Bakal Tayangkan Drama Korea

    Penggarapan konten hiburan ini akan diinisiasi oleh UA Media Indonesia. Media Group News berfokus pada penyiapan infrastruktur, termasuk channel dan penayangan. Bimantara Citra menggarap konten distribusi. Sedangkan Universal Artis Media Group Korea akan menyediakan sejumlah konten yang berkaitan dengan budaya Korsel.

    "Yang akan ditayangkan macam-macam, mulai dari drama series, variety (show), joint production (konten yang diproduksi bersama), hingga akademi bersama," katanya.
     

    Mengudara dengan nama 'Makna'


    Menetasnya lini industri hiburan dari Media Group News tak terlepas dari upaya menyambut kedatangan era televisi digital. Indonesia dipastikan akan menguji coba penerapan televisi digital menggantikan televisi analog pada Agustus nanti. Siaran percobaan akan dilakukan hingga November.

    "Nantinya, saluran hiburan ini akan memakai channel digital yang dimiliki Media Group News di luar Metro TV. Metro TV tetap fokus pada saluran berita yang memang menjadi ciri khasnya," kata Mirdal. 

    Saluran hiburan Media Group News ini nantinya diberi nama Makna. Rencananya Makna akan mengudara pada November dengan program perdana hiburan Korea dan Indonesia. "Bisa (program) fashion, kuliner, musik, hingga animasi. Terutama yang berkaitan dengan budaya Indonesia," ujarnya.

    Untuk tahap pertama, Makna akan diluncurkan di 10 kota besar di Indonesia. Di antaranya Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, Makassar, Banjarmasin, dan Palembang.

    Tak menutup kemungkinan, sambung Mirdal, konten hiburan ini juga ditayangkan di platform lain yang dimiliki Media Group News. Bisa melalui layanan over the top (OTT) yang berbasis jaringan internet, juga melalui kanal portal berita seperti Medcom.id atau Mediaindonesia.com.

    "Tak menutup kemungkinan masuk juga ke sosial media karena kita juga eksis di sana," kata dia.
     

    Kerja sama strategis


    Pembentukan UA Media Indonesia ditandai dengan penandatanganan head of agreement (HoA) yang dilaksanakan CEO Media Group News Mirdal Akib, Presiden Direktur Bimantara Citra Arif Danudarda Tachril, dan CEO UA Media Group Kab Woo Lee di Kantor Media Group, Jakarta, Selasa, 16 Juli 2019 malam.

    Baca: Media Group Jalin Kerja Sama dengan UA Media Korea

    Momentum awal kolaborasi itu disaksikan langsung oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Duta Besar Korsel untuk Indonesia Kim Chang-beom. "Media Group News akan memaksimalkan hubungan ini untuk mendorong pengembangan inovasi dalam entertainment industry, terutama dalam broadcasting dan teknologi digital," papar Mirdal.

    Ia berharap kerja sama itu dapat menjadi sebuah terobosan dalam dunia hiburan di Tanah Air yang tentunya semakin dinamis.

    Sebagai mitra, Kab Woo Lee menyebut Indonesia adalah sebuah negara mitra yang sangat penting bagi Korsel. Indonesia juga memiliki budaya yang begitu beragam sehingga berpotensi besar untuk dikembangkan bersama. "Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dalam kerja sama ini," tuturnya.

    UA Media Indonesia diharapkan dapat mendongkrak pendapatan ekonomi dua negara itu, sekaligus menjadi wadah untuk berbagi segala bentuk informasi, budaya, dan teknologi yang dimiliki.
     

    Belajar dari Korsel


    Dalam sambutannya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pemerintah terus mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam menopang perekonomian nasional. Tidak hanya terpaku pada produk-produk berupa barang, tetapi juga jasa seperti hiburan dan pendidikan.

    "Momentum ini yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Lakukan terobosan, kembangkan industri hiburan. Tentu itu akan membantu pertumbuhan ekonomi Tanah Air," ujar Enggartiasto.

    Baca: Media Group Tampilkan Wajah Baru untuk Penggemar Budaya Korea

    Saat ini, konten hiburan merupakan produk yang begitu diminati, terlebih di Indonesia yang akan segera didominasi generasi milenial beberapa tahun ke depan.

    Untuk mengembangkan produk itu, ia menyebut para pelaku usaha di Tanah Air bisa belajar dari Korea Selatan (Korsel) yang sudah sangat sukses di industri hiburan.

    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif pada 2018 mencapai Rp1.100 triliun. Tumbuh cukup signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya Rp1.000 triliun. Tahun ini PDB ekonomi kreatif ditargetkan mencapai Rp1.211 trilun atau 9,6 persen lebih tinggi dari 2018.



    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id