IF/Then Asia Tenggara 2020 Digelar Juni secara Virtual

    Cecylia Rura - 10 Juni 2020 18:08 WIB
    IF/Then Asia Tenggara 2020 Digelar Juni secara Virtual
    IF/Then edisi pertama pada 2018. (Foto: In-Docs)
    Jakarta: Lembaga nirlaba dokumenter di Indonesia, In-Docs bekerja sama dengan Tribeca Film Institute akan menggelar program IF/Then Asia Tenggara secara virtual pada 17-23 Juni 2020. Program ini turut didukung Kedutaan Amerika Serikat untuk Indonesia.

    Program IF/Then Asia Tenggara akan memfasilitasi 19 proyek dokumenter dari delapan negara Asia Tenggara, termasuk enam dokumenter dari Indonesia untuk dipertemukan dengan para mentor dan industri dokumenter internasional. Ajang biro jodoh ini adalah kali kedua setelah digelar perdana pada 2018.

    IF/Then Asia Tenggara tahun ini dibagi dalam dua acara yaitu Lab Pengembangan Cerita pada 17-21 Juni 2020 dan sesi pitching pada 22-23 Juni 2020. Sebanyak 19 film dokumenter dari delapan negara mengangkat berbagai isu sosial, politik, dan kultural telah terpilih untuk mengikuti rangkaian program.

    "Indonesia sangat bangga menjadi tuan rumah IF/Then 2020 karena negara kita kaya akan cerita dan sineas berbakat, tetapi sayangnya perspektif kita kurang lantang bergema di pentas global," kata Amelia Hapsari, Direktur Program In-Docs dalam keterangan resmi, Rabu 10 Juni 2020.

    "Untuk itu, penting sekali bagi Indonesia untuk menjadi jembatan bagi tidak saja film-film Indonesia tetapi juga proyek-proyek terbaik Asia Tenggara agar lebih terdistribusikan di pasar internasional. Program IF/Then ini merupakan kesempatan penting bagi kita untuk membagikan cerita-cerita kita kepada dunia," kata Amelia.

    Program IF/Then Asia Tenggara dinilai baik oleh Wakil Duta Besar Amerika Serikat di Indonesia Heather Variava. Sineas Indonesia dapat mewakili banyak kisah dan memberikan tayangan baik bagi masyarakat.

    "Para sineas ini merepresentasikan talenta-talenta lokal yang luar biasa dan inilah alasan pentingnya kita terus mendorong keberagaman cerita dan kebebasan berekspresi," kata Heather Variava.

    "Film dokumenter memegang peranan penting dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat serta menciptakan dialog agar kita bisa menjadi masyarakat yang lebih baik lagi," kata Heather Variava.

    Selain para sineas terpilih dan profesional di bidang film dokumenter, IF/Then memberi kesempatan terbatas bagi mahasiswa film, dosen film, maupun sineas independen yang tertarik memelajari industri dokumenter internasional berpartisipasi sebagai observer.

    IF/Then Asia Tenggara pada 2018 melibatkan 28 sineas dari ASEAN. Saat itu, pendanaan terkumpul USD800 ribu dari tiga broadcaster besar dunia termasuk Al Jazeera English. Bekerja sama dengan salah satu sineas Indonesia, mereka mengangkat isu kebutaan di Indonesia dan seluruh dunia.

    Empat pemenang program IF/Then 2018 diundang ke tujuh forum dokumenter internasional dan menembus 11 festival film internasional. Pengalaman diungkapkan Ucu Agustin, salah satu pemenang IF/Then Asia Tenggara 2018 dengan film Sejauh Kumelangkah yang berhasil meraih Piala Citra kategori Film Pendek.

    "Saya mendapatkan mentorship yang komprehensif tentang bagaimana bekerja sama dengan broadcaster internasional, bagaimana mengemas cerita yang tidak hanya bagus, tetapi juga menginspirasi tanpa harus menceramahi penonton," kata Ucu Agustin yang filmnya juga dikomisi Al Jazeera English.

    "IF/Then selalu mendukung sineas-sineas yang mengusung cerita tentang masyarakat lokal mereka. Kami ingin menciptakan keberagaman dalam industri film dokumenter karena inilah semangat dan prinsip kerja IF/Then yang akan terus kami jaga dalam kemitraan ini," ungkap Chloe Gbai, Direktur IF/Then Shorts di Tribeca Film Institute.
     

    (ELG)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id